Brilio.net - Menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan bukan perkara sulit. Pasalnya, puasa sendiri merupakan proses detoks bagi tubuhmu. Namun demikian, puasa juga menjadi alarm bagi kamu yang sering mengabaikan menu makanan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga menu makananmu. Terbatasnya waktu makan dan minum saat Ramadan, bukan berarti ikut membatasi asupan gizi untuk tubuhmu. Kamu justru harus mulai memperhatikan menu makanannya.

Berikut rekomendasi 11 makanan yang bisa kamu konsumsi saat Ramadan, seperti dilansir brilio.net dari Wittyfeed, Rabu (31/5). Makanan ini bisa bantu tubuhmu tetap sehat dan bugar selama berpuasa.


1. Daging panggang.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Selama berpuasa, tubuhmu tetap membutuhkan energi. Energi sendiri diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sementara selama puasa makan dan minum terbatas.

Untuk mendompleng daya tahan tubuh, kamu butuh zat pembentuk. Salah satunya bisa kamu peroleh dari daging ayam, ikan, atau sapi yang kaya akan protein. Ikan salmon pun jadi rekomendasi yang pas karena banyak mengandung Omega-3 yang baik untuk tubuh.


2. Oatmeal.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Loading...

Oatmeal punya banyak fiber yang bisa membantu proses pencernaan tubuhmu. Nggak cuma itu, oatmeal juga baik untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.


3. Telur.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Sumber protein lain yang bisa kamu dapatkan adalah dari telur. Meski tak sebanyak kandungan protein pada daging, telur ternyata bisa memperpanjang rasa kenyang lho. Poin lainnya, kamu bisa mengkreasikan telur dengan beragam rasa dan jenis.


4. Almond.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Banyak orang menyebutkan almond sebagai kacang tersehat dari semua jenis kacang-kacangan. Faktanya, almond memang mempunyai beberapa kandungan yang baik untuk tubuh di antaranya kaya akan protein, kalsium, dan vitamin E.


5. Roti Multigrain.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.netDewasa ini ada beragam jenis roti, salah satu roti yang disarankan untuk kamu konsumsi selama bulan Ramadan adalah roti multigrain. Roti multigrain merupakan roti yang terbuat dari beragam biji-bijian.

Selain kaya akan karbohidrat, roti ini juga punya kandungan baik yang diperoleh dari kacang-kacangan.


6. Biji Chia.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Kamu yang terbiasa makan makanan manis saat berbuka, bisa ganti dengan makanan yang enak dan sehat. Biji chia bisa jadi solusinya. Chia sendiri merupakan makanan super yang ada pada zaman kuno. Di mana biji Chia dikonsumsi untuk mempertahankan energi dalam tubuh selama 24 jam.

Dengan mengonsumsi biji chia, rasa kenyangmu akan bertahan lebih lama di perut. Tak sekadar itu, biji Chia juga bisa menenangkan tubuhmu ketika memiliki gangguan pencernaan.


7. Yogurt.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Produk olahan susu ini memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Dipercaya baik untuk sistem pencernaan, yogurt pun bisa jadi asupan saat bulan Ramadan tiba.
 
 
8. Tomat.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Selama Ramadan, tubuh tetap membutuhkan kandungan air yang cukup. Namun sering kali kamu minum sedikit saja sudah kembung dan kenyang.

Ada cara lain lho, kamu bisa mengonsumsi tomat sebagai gantinya. Diketahui, tomat terdiri atas 95 persen kandungan air. Tomat sendiri bisa kamu kreasikan sesuka hatimu.


9. Alpukat.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Selain tomat, alpukat bisa jadi makanan yang oke saat puasa. Kandungan lemak sehat yang baik untuk tubuh bisa jadi alternatif makanan yang mengenyangkan. Sehat dan mengenyangkan, kenapa tidak?


10. Granola atau biji-bijian.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Granola merupakan makanan yang identik untuk sarapan. Terdiri atas biji-bijian, buah-buahan kering, dan lain-lain. Biasanya dikonsumsi dengan yogurt, susu, atau madu.

Granola sendiri bisa jadi alternatif makanan ketika puasa. Kandungan gizi yang kaya bisa menurunkan kolesterol dalam tubuhmu.


11. Kelapa.

kuliner sehat ramadan 2017 © 2017 brilio.net

Sebagai negara tropis, tentu komoditas buah kelapa di Indonesia tak diragukan lagi. Kelapa punya banyak kandungan yang baik bagi tubuh terlebih saat Ramadan.

Mengonsumsi air kelapa bisa membuat kenyang perut tapi nggak bikin gemuk. Air kelapa juga dipercaya mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa, karena mengandung lima elektrolit esensial seperti kalsium, magnesium, pospor, potasium, dan sodium.

Pencernaan pun semakin lancar ketika mengonsumsi kelapa, karena air kelapa bisa membantu melancarkan pencernaan.

RECOMMENDED