Brilio
Discover the best food

8 Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya

Kesehatan

8 Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya

Kamu yang suka menunda-nunda makan saat lapar melanda, wajib baca.

Home » Kesehatan

05 Maret 2019 21:01, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Di saat perut kosong, kamu akan merasakan gejala lapar seperti perut keroncongan. Perut lapar adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Kamu akan mulai mencari makanan yang lezat dan sesuai selera lidahmu. Ada banyak menu makanan lezat, seperti rendang, ayam bakar, ayam goreng, sate, ikan, dan masih banyak menu lainnya yang siap kamu santap.

Namun apabila kamu sedang penuh dengan aktivitas harian yang padat, membuatmu lupa makan dan perutmu terbiarkan kosong lebih lama. Saat orang tidak punya waktu, biasanya akan lebih memilih mengambil makanan yang mudah didapat hanya untuk sekedar mengganjal perut. Seperti buah dan roti.

Saat kamu sudah tidak punya waktu untuk memilih makanan, kamu bisa melupakan untuk memilih makanan yang tepat dan bergizi untuk tubuhmu. Ada beberapa makanan yang ternyata tidak baik dikonsumsi saat perut sedang dalam keadaan kosong. Makanan itu justru akan membuat badanmu terasa tidak enak bahkan lebih parahnya akan menganggu pencernaan dan lambung.

Nah, makanan apa saja yang seharusnya tidak kamu konsumsi saat perut sedang kosong? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (5/3).

1. Pisang.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Pisang adalah satu menu yang bisa mengenyangkan perut sebagai ganti nasi. Pisang banyak mengandung nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin C dan B6. Namun pisang juga mengandung magnesium yang bisa menaikkan tensi darah. Sehinnga pisang tidak baik dimakan saat perut sedang benar-benar kosong. Magnesium yang ada pada pisang dapat mengakibatkan gangguan pada hati. 

 

2. Buah pir.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Makan buah pir selain lezat juga kandungan vitamin C tinggi. Makan buah pir disaat perut masih kosong ternyata tidak baik. Seorang ahli gizi yang sudah brilio.net lansir dari littlethings, bernama Tamara Melton mengatakan kalau pir memiliki serat yang kasar, sehingga apabila dimakan saat perut kosong bisa melukai selaput lendir perut.

 

3. Tomat.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Menurut The Hearty Soul, kamu tidak boleh memakan tomat saat perut sedang kosong. Terutama bagi kamu yang sedang sakit sariawan. Tomat mengandung asam tanat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam di lambung, memperburuk refluks yang ada di lambung, dan bisa membuat tubuhmu merasa tidak enak.

 

4. Timun.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Banyak orang yang ingin makan timun ketika pagi hari sebelum sarapan, apalagi timun juga biasanya dimasukkan dalam menu diet. Sayuran mentah ini tidak diragukan lagi baik untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Namun ketika kamu memakannya dengan perut yang masih kosong, maka timun dapat menyebabkan sakit perut, mulas, perut kembung, dan badan tidak enak.

 

5. Kue kering.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Pastry atau kue kering memang telihat enak dimakan untuk pengganjal perut sebagai ganti nasi. Namun meskipun lezat, ternyata memakan kue kering saat perut kosong akan membuat masalah pada kesehatan.

Dilansir brilio.net dari Bright Side, makanan seperti kue kering mengandung sejenis ragi yang dapat mengiritasi lapisan perut dan bisa menyebabkan perut kembung. Sedangkan menurut Lifehack, kue kering banyak mengandung gula yang akan membebani hati ketika dimakan saat perut kosong.

 

6. Yoghurt.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Yogurt juga menjadi menu andalan yang biasan dimasukkan dalam program diet. Namun kalau kamu memakan yoghurt saat perut sedang kosong, bukan menjadi hal yang membuat kamu sakit atau semacamnya. Tetapi lebih kepada usaha tidak berguna. Sebab bakteri asam laktat yang ada pada yoghurt terbunuh atau hilang oleh asam hidroklorik yang ada di lambung saat kamu belum makan apa pun.

 

7. Jeruk.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Buah citrus atau jeruk menjadi menu yang sering diamakan orang saat pagi hari. Namun hal itu ternyata bisa menjadi masalah untuk tubuhmu. Dilansir brilio.net dari The Hearty Soul, buah jeruk dapat mengiritasi kerongkongan bagian bawah yang tersambung dengan lambung, apabila dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

 

8. Makanan pedas.

makanan tidak perut kosong pixabay

foto: pixabay

Salah satu menu makanan yang harus kamu hindari saat perut masih kosong adalah makanan pedas. Makanan pedas dapat mengiritasi pada lapisan perut bahkan parahnya bisa mengakibatkan kram perut. Rasa pedas juga dapat mengganggu sistem pencernaan.

RECOMMENDED

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    67%

  • Marah

    33%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

8 Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya.
Kamu yang suka menunda-nunda makan saat lapar melanda, wajib baca.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/8-makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-saat-perut-kosong-bahaya-190305v.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP