Brilio
Discover the best food

7 Makanan alami cegah autoimun, penyakit ibu Mikha Tambayong
foto: pixabay.com dan chronobiology.com

Kesehatan

7 Makanan alami cegah autoimun, penyakit ibu Mikha Tambayong

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat yang sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh.

Home » Kesehatan

04 Maret 2019 12:25, Lola Lolita

Brilio.net - Kabar duka menyelimuti keluarga besar Mikha Tambayong, pasalnya sang ibu Deva Malaihollo, meninggal dunia pada Minggu (3/3) petang. Ibu Mikha meninggal karena penyakit autoimun yang sudah diidapnya setahun terakhir ini. Kabar tersebut tak hanya mengejutkan warganet, namun mereka juga penasaran, jenis penyakit dari ibu artis cantik Mikha Tambayong tersebut.

Dalam dunia medis, penyakit autoimun merupakan kelainan sel imun tubuh (Sel limfosit T, sel limfosit B, dan sel jalur monositik) yang mengakibatkan hiperreaktifasi sel B poliklonal yang menghasilkan autoantibodi dan meningkatnya sitokin-sitokin proinflamasi.

Intinya adalah penyakit autoimun terjadi ketika sistem imun dalam tubuh dalam tubuh salah mengidentifikasikan sel sehat sebagai musuh sehingga sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat yang sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh.

Cara kerja sel imun yang menyerang sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan sel sehat juga dianggap sebagai sel asing. Hingga saat ini, dunia medis belum bisa mengungkapkan apa penyebab penyakit autoimun. Penyakit ini begitu ganas, Jika tak segera diatasi, masalah akan semakin meluas, di mana yang sangat dikhawatirkan adalah penyakit ini dapat menyerang organ-organ penting dalam tubuh seperti saraf, otak, jantung dan ginjal.

Penyakit autoimun memiliki 80 gejala penyakit yang terjadi pada tubuh. Setiap orang yang menderita penyakit ini tidak mengalami gejala yang sama. Ada yang mengalami rematik, radang usus, hingga diabetes melitus tipe 1.

Namun parahnya sampai terserang lupus. Di mana penyakit ini disebabkan oleh menempelnya sei antibodi pada organ tubuh seperti ginjal, lambung, hati, dan jantung. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada beberapa makanan yang dapat mencegah penyakit autoimun, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/3).

1. Telur.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Telur merupakan makanan sehat. Beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh ada di dalam telur, seperti zat besi, vitamin A, D, E dan K. Namun sayangnya banyak orang yang menghindari makanan sahat satu ini dengan alasan takut berlebihan berat badan dan sebagainya.

Intinya jangan berlebihan mengonsumsi makanan ini. Mengonsumsi telur bisa menjaga kesehatan pada orang tubuh manusia seperti mata, otak, organ hati dan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencegah penyakit autoimun.

 

2. Kelapa.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, anti oksidan dan serat yang sangat berguna sebagai antivirus dan anti bakteri. Bagi penderita autoimun, kelapa bisa menjadi santapan mereka dalam sajian makanan apapun.

Namun tetap harus diingat, penderita autoimun harus menghindari gula, sehingga harus teliti dalam memilih makanan meskipun itu mengandung kelapa. Minyak kelapa juga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh bagi penderita autoimun.

 

3. Asparagus.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Seperti yang diketahui bahwa asparagus merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan folat. Bagi penderita autoimun atau yang ingin menceghnya dengan asparagus adalah pilihan tepat. Di mana kandungan glutathione dalam asparagus sangat berguna untuk mengatasi penyakit autoimun. Glutathione merupakan senyawa yang berguna untuk melawan kanker dan pembengkakan.

 

4. Wortel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Wortel merupakan tanaman yang mengandung betakaroten yang berfungsi mencegah penyakit ini. Selain wortel kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sejenis yakni ubi jalar, aprikot, bayam, labu, kale.

 

5. Minum teh.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Beberapa jenis teh seperti teh hijau dan teh hitam sangat ampuh untuk mencegah dan mengurangi penyakit autoimun. Pasalnya kedua jenis teh tersebut mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat seperti flavonoid, katekin dan theaflavin.

 

6. Jahe.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Jahe memang dikenal sangat baik untuk mengatasi kesehatan. Di mana salah satunya dapat dijadikan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan karena menghambat prostaglandin, menurunkan sitokin dan memproduksi kemokin.

 

7. Apel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

foto: pixabay.com

Apel juga merupakan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun, karena apel kaya akan quercetin. Di mana unsur tersebut dapat mengurangi reaksi alergi dan mengurangi pembengkakan, yang merupaka dua katakteristik umum yang menyebabkan penyakit autoimun.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buah lainnya yang mengandung quercetin, seperti buah beri, anggur merah, bawang merah.

RECOMMENDED

 

 

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Makanan alami cegah autoimun, penyakit ibu Mikha Tambayong.
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat yang sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/7-makanan-alami-cegah-autoimun-penyakit-ibu-mikha-tambayong-1903042.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP