Sekilas memang tidak ada yang aneh dari video pentas Gambyong Lareanom. Namun, seseorang akan menyadari keanehannya setelah mengetahui semua personelnya adalah laki-laki. Hal ini membuat perhatian warganet apa lagi seperti sebelumnya dijelaskan bahwa tari Gambyong Pareanom biasa dibawakan oleh perempuan.

Ini lah yang membedakan antara tari Gambyong Pareanom dan tari Gambyong Lareanom. Mereka membuat kreasi yang mana tari tersebut dibawa oleh mahasiswa laki-laki. Hal ini merujuk pada kata lare, plesetan par. Lare dalam bahasa Indonesia adalah anak muda.

BACA JUGA :
5 Fakta Pagelaran Sabang Merauke, bakal lebih megah dan glamour nih

foto: TikTok/@dharmaputra33


Mereka terlihat berfoto di depan sebuah gedung dengan pose yang feminin. Ada beberapa yang justru mendalami peran dan sulit membedakannya dengan perempuan tulen.

BACA JUGA :
Pengertian, tujuan, manfaat serta contoh-contoh tari tradisional

Di video selanjutnya juga menampilkan betapa anggunnya gerakan mereka. Meskipun ada yang terpeleset dan salah satu personel malah melakukan salto. Terdengar di video hal ini mengundang gelak tawa.

"Gambyong pareanom e sangat menghibur. Sampe sanggul e ucul," ujar akun @haloayaa_ di kolom komentar.

"Pojok sebelah kiri anggunly banget," tulis akun @panggilajalionh

"Mana kelihatannya cantik semua lagi," komentar akun @spae_knk.

foto: TikTok/@dharmaputra33

Video itu pun viral. Hingga Senin (18/12), video unggahan itu sudah ditonton 5,4 juta penonton. Selain itu terdapat juga 442.000 akun yang memberi like dan 10.600 komentar.

 

 

(brl/lea)