Untuk memperbaiki kusen pintu yang keropos karena rayap, kamu membutuhkan beberapa bahan, seperti serbuk kayu, lem fox kemasan merah, semen, dan cat kayu. Pertama, saring serbuk kayu dan gunakan serbuk kayu yang halus. Setelah itu, campur serbuk kayu dengan lem fox.

Selain digunakan sebagai perekat, lem fox juga membantu membuat serbuk kayu menjadi lebih padat sehingga bisa digunakan untuk mengisi bagian rongga kayu yang dimakan rayap.

BACA JUGA :
Bukan pakai desinfektan, ini cara hilangkan jamur di pagar besi pakai tambahan 1 cairan pembersih

foto: TikTok/@bysimey


Setelah serbuk kayu dan lem fox tercampur merata, aplikasikan ke bagian kusen pintu yang berlubang. Aplikasikan campuran tersebut secara merata hingga semua rongga yang ada di kayu kembali tertutup. Setelah itu, diamkan hingga kering dan mengeras. Selanjutnya, amplas bagian tersebut hingga halus.

BACA JUGA :
Bukan pakai deterjen, begini trik menghilangkan getah pada baju gunakan 1 bahan dapur

foto: TikTok/@bysimey

Tahapan selanjutnya, tuang semen ke dalam ember dan campur dengan air untuk melapisi kusen pintu. Setelah adukan semen jadi, kamu bisa langsung aplikasikan ke bagian kusen pintu secara merata lalu tunggu kering. Setelah kering, amplas plesteran semen hingga halus dan cat kusen pintu menggunakan cat kayu.

Sebelum mengecat bagian kusen, tempelkan solasi kertas di bagian tepinya agar cat tak meluber dan berantakan. Hasilnya, kusen pintu yang sebelumnya keropos dan berongga jadi kelihatan kokoh lagi bak baru.

 

(brl/wen)