Namun hal ini tidak terjadi dengan warga lokal yang mengoleskan daun tersebut. Terlihat mereka dengan santai dan seperti tidak terjadi apa-apa dengan efek samping daun tersebut.

BACA JUGA :
20 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan

foto: TikTok/@azis.abdullah

Dalam video itu juga diterangkan, biarpun rasanya bila terkena seperti terbakar, akan tetapi sesudahnya bikin badan jadi ringan.


"Walau pas kena sakit banget tp after itu badan terasa ringan pegal pegal juga hilang. Kayaknya cocok buat para pendaki pas turun pakai daun ini supaya pegalnya hilang," ungkapnya.

BACA JUGA :
10 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, turunkan gula darah

foto: TikTok/@azis.abdullah

Meski faktanya bikin kulit sakit, seperti yang telah disebutkan di atas, daun ini memiliki manfaat untuk tubuh. Jika sudah diolah dengan benar seperti dimasak, dibekukan, dikeringkan, atau diubah menjadi suplemen, daun ini dapat memberikan berbagai macam khasiat.

Daun ini bila diolah bisa jadi obat radang sendi dan mengatasi tekanan darah tinggi. Namun, kamu perlu berhati-hati pula, karena ada efek samping yang bisa ditimbulkan oleh daun ini.

foto: TikTok/@azis.abdullah

Dari postingan tersebut diunggah hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak 11,5 juta kali, 457,9 ribu suka, dan 2952 komentar.

"aku pernah kena daun jelatang langsung bentol-bentol disertai demam," ujar akun @rista136.

"daun jelatang kalo di kampung ku, kadang bisa sakit nya sampe berhari hari," tulis akun @adiin0_0.

"daun jelatang gatalnya sampai ke tulang," ucap akun @fransdafa.

"Kalau dampaknya panas yang membakar. Bukannya nanti rasa panas akan mengalahkan rasa pegal. Jadi ga ga pegel lagi soalnya sensor lelah kalah sm sensor panas dari daunnya?," ucap akun @ainisaay.

"bukan cuma gatal, tapi panas ngilu serasa masuk ke tulang," tulis akun @yusuf_wayka.

(brl/red)