foto: TikTok/@bonangbonang03

BACA JUGA :
Beri kado ultah diri sendiri, pria makeover kamar buluknya jadi estetik futuristik, ini 9 potretnya

Rumah yang berlokasi di Malang tersebut memiliki luas sekitar 50 meter persegi. Bangunan tersebut memiliki desain jadul yang sangat sederhana dan simpel. Kesan jadul bisa dilihat dari tiang-tiang yang dipakai sebagai penyangga teras.

Rumah ini kemudian akan direnovasi dengan budget Rp 60 jutaan. Hal pertama yang bisa kamu lihat dari renovasi ini adalah bentuk fasad-nya yang dibuat jadi lebih modern dan atau kekinian.


BACA JUGA :
Bilik kayu penuh tambalan ini ternyata toilet estetik, 11 potret interiornya bikin bergidik

foto: TikTok/@bonangbonang03

Bagian atap dibongkar dan dibikin dak untuk lantai dua. Material yang digunakan standar, di antaranya ada batu bata merah, semen, pasir, serta cat putih sebagai warna dasar rumah. Desain wajah rumah yang dibuat yaitu minimalis bernuansa putih simpel tapi tetap elegan.

Fasad minimalis memanfaatkan pencahayaan yang optimal untuk menonjolkan keindahan struktur bangunan, sehingga menghasilkan tampilan yang menakjubkan baik pada siang maupun malam hari.

foto: TikTok/@bonangbonang03

Penggunaan bahan-bahan seperti beton, kaca, dan logam memberikan kesan futuristik yang menawan. Selain itu, warna-warna netral seperti putih, menjadi andalan dalam desain ini, sehingga menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Dengan renovasi yang optimal pada bagian wajah rumah, hunian jadi terasa berbeda. Sentuhan desain yang cerdas memastikan setiap sudut rumah dimanfaatkan secara efisien tanpa mengorbankan estetika.

foto: TikTok/@bonangbonang03

Video yang diunggah pada 2021 itu sudah ditonton lebih dari 31 juta kali dengan 2 juta tanda suka dari warga TikTok. Banyak warganet yang skeptis kalau renovasi tersebut cuma habis Rp 60 juta. Hal itu mereka sampaikan lewat kolom komentar.

"Gua renov teras doang habis 45 jt,” kata Chandra Nugroho.

"60 juta iya emang jadi tapi kwalitas rumah pasti Level C pakai bahan Kwalitas biasa banget... sbntar udah mesti renov2," ujar Abang Day.

Demi apa woy dsni 150jt cm jd pondasi. 60jt bs rehab jd bgus gt gue sungkem.gue ninggiin pgar tembok 50cm aja hbs 5jt n itu blm slsai," sahut sri wahyuni.

Ini tergantung daerah juga ya kayanya. biaya segitu kayanya belum cekup kalo di jabodetabek," timpal PEMUDA SETEMPAT.

 

 

(brl/mal)