Rofik sengaja membuka bisnis peternakan untuk membantu perekonomian para warga sekitar. Selain memiliki bisnis ini, Rofik juga membangun usaha pabrik galvalum, genteng, bata ringan.

BACA JUGA :
Kisah pasangan tinggalkan Jakarta pilih menetap di Magelang demi wujudkan mimpi punya taman baca

kisah pria lulusan SMP sukses beternak sapi
YouTube/PecahTelur

"Kepercayaan orang merupakan modal terpenting bagi saya, apalagi untuk wirausaha untuk saya modalnya cuma kepercayaan dari mana pun itu," tutur Rofik.


Di balik kesuksesannya saat ini, tersimpan kisah haru. Rofik ternyata hanya bisa menyelesaikan pendidikannya sampai SMP.

BACA JUGA :
Momen wanita pinjamkan toga ke kakaknya yang lulusan SMP saat wisuda, kisah di baliknya bikin haru

"Jadi bapak saya itu dulunya kerja jadi pemanjat kelapa mas. Tapi kalau musim durian dia buruh nali durian, kalau sudah agak tua kan durian itu ditali. Waktu kerja nali durian beliau jatuh dari pohonnya dan meninggal," tutur Rofik.

Akibat dari kejadian itu lah, nasib pendidikan harus pupus. Kehilangan sang ayah membuatnya hanya bisa bersekolah sampai SMP dan langsung bekerja mencari nafkah.

"Sejak saat itu saya tidak bisa melanjutkan sekolah mas, jadi saya sekolah cuma sampai SMP saja. Abis iu saya kerja," Kata Rofik.

kisah pria lulusan SMP sukses beternak sapi
YouTube/PecahTelur

Nama usaha yang dimiliki Rofik saat ini diambil dari nama sang ayah yang menjadi sosok inspirasi sekaligus orang terkasihnya yaitu Irfai Berkah Sejahtera (IBS).

"Jadi waktu itu saya langsung kerja apapun seadanya, ya jadi kuli bangunan, ya di kebun apapun lah untuk menyambung hidup. Tapi Alhamdulillah sekarang lebih enaklah, lumayan," tutur Rofik.

Rofik berhasil membuktikan bahwa latar pendidikan bukanlah jaminan kesuksesan jika tanpa diiringi dengan niat dan tekad dari diri sendiri. Warganet banyak yang mengapresiasi dan menuliskan kekagumannya di kolom komentar. Beberapa menyebut kegigihan Rofik patut untuk dicontoh.

kisah pria lulusan SMP sukses beternak sapi
YouTube/PecahTelur

"Salut, dengan kegigihannya , sekalipun hanya lulusan SMP, tapi beliau memiliki niat yang baik, yaitu menolong orang lain dengan cara membuka lapangan kerja.. sebaik² manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi yang lain," kata akun @user-tn6mj6rf5q.

"Patut jadi contoh, rezeki bukan karena sekolah, melainkan terus berusaha," kata akun @user-xl2vr6tg3h.

"Sangat menginspirasi banget. Saya kenal beliau sejak 6 thn yg lalu. Sukses terus mas Rofik dan mas Fauzy. Mugo bisa ketularan (sukses)," kata akun @kangnuriae7681.

"Pak Rofik motivasiku perjuangan yang tidak mengenal menyerah, berjuang, kerja keras dan b

erdoa selalu, is the best," kata akun @nikenkumalasari69.

 

(brl/ola)