Harga hotel pesan mandiri pun tidak terlalu mahal. Tertulis saat di Madinah, pria ini menyewa hotel seharga 700 ribuan, sayangnya tidak disebutkan dalam mata uang apa.

"Hotel Madinah pertama 700 ribuan aja, kamarnya luas ada dapurnya malah, ke Masjid cuma 5 menit," katanya.

BACA JUGA :
9 Momen Titi Kamal jalani umrah, potretnya didampingi Christian Sugiono di Tanah Suci ini tuai sorotan

foto: TikTok/@backpackersayur


Jika sama agen, maka akan ada seorang muthawwif atau pemandu untuk ibadah haji maupun umrah. Namun, pria ini menyewa secara mandiri pemandu tersebut. Tujuannya tentu biar tidak kebingungan saat melakukan ibadah.

BACA JUGA :
Dapat kado dari sahabat sebelum umrah, wanita ini terharu setelah membukanya di depan Ka'bah

Pria itu berpindah hotel dengan harga yang tak jauh berbeda. Hanya selisih 100 ribu rupiah dari hotel sebelumnya. Namun, saat in iia bisa dapat fasilitas yang lebih oke. Termasuk soal makan 3 kali sehari dan hanya 2 menit jaraknya dari Masjid.

Setelah menghabiskan waktu di Madinah barulah ia melanjutkan ibadah ke Makkah. Sesama umrah mandiri, mereka menyewa bus untuk jalan-jalan di kota. harga sewanya pun relatif murah, hanya patungan 200 ribu perorang.

foto: TikTok/@backpackersayur

Ia mengaku bahwa umrah mandiri ini sungguh sangat menyenangkan dan murah. Dari total keseluruhan kebutuhan dan perjalanan selama 14 hari, pria ini hanya menghabiskan Rp 17 juta saja. Sementara jika melalui agen atau travel bisa menjad Rp 35 juta.

"Tiket Pesawatnya cuman 5 Jt Solo-Jeddah PP
Biaya hotel, visa, muthowwif, makan dll sekitar 12jt . Ini 14 hari loh dan Bulan Ramadhan, udah gitu hotelnya deket banget untuk di Madinah, di makkah jalan 7 menit aja. Kapok tidak umrah mandiri? Tentu saja tidak. Selanjutnya InsyaAllah akan bawa keluarga," tulisnya.

foto: TikTok/@backpackersayur

Kisah perjalanan umrah ini pun menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang ingin meniru tindakan dari pria ini. Selain itu ternyata banyak juga yang sudah merasakan perjalanan serupa.

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @backpackersayur sudah menghimpun 4,1 juta penonton. Selain itu terdapat juga 283,600 akun yang memberi like dan juga 10,1 komentar.

"Pengen umrah mandiri tapi sampe sana takut nggak bisa bahasa inggris," komentar @niqmah3.

"Pengen juga umrah mandiri kemarin 1 bulan plus Turki 30 juta," tulis @tio.95_

"Orang kok pada bisa ya umrah mandiri. Aku nggak ngerti caranya dan di sana gimana-gimananya juga nggak ngerti," kata akun @lestari_w26

"Pengen umrah mandiri tapi sungguh mau nikah dulu biar bareng istri nanti," tulis akun @ariefhidayat.

(brl/red)