Brilio.net - Dapur menjadi salah satu ruangan yang cukup tricky perawatannya. Pasalnya, dapur jika salah perawatan, akan terlihat kotor. Dapur sangat rawan binatang hama karena lembap, mudah kotor lantaran digunakan untuk memasak, dan berbagai masalahan lainnya.

Maka dari itu, dapur harus selalu dibersihkan maupun ditata ulang. Bayangkan jika dapur rumahmu kotor, pengap, dan lembap. Jangankan buat masak, cuma sekadar masuk saja rasanya sudah sangat malas.

BACA JUGA :
9 Potret dapur aktris Genta Buana Penty Nur Afiani nyempil di kolong tangga, perabotannya bikin sumpek

Itulah yang dilakukan oleh @faridaa.hy untuk merombak suasana dapurnya jadi lebih nyaman. Wanita tersebut melakukan makeover kecil-kecilan untuk memperbaiki dapur warisannya yang tampak kotor. Alih-alih dapur, ruangan tersebut terlihat sangat horor mirip kamar mandi yang terbengkalai.


foto: TikTok/@faridaa.hy

BACA JUGA :
Dinikahi cucu menteri huni rumah megah, 9 potret dapur Nabila Syakieb area masaknya bak restoran elit

Dapur tersebut menggunakan keramik bernuansa biru sebagai lapisan backsplash dan mejanya. Biasanya, warna ini digunakan sebagai keramik dalam kamar mandi. Selain itu, dapurnya terlihat sangat kotor.

Dapur milik @faridaa.hy itu terdiri dari satu meja permanen dengan kitchen sink serta meja untuk memasak. Kolong mejanya pun tampak kotor dan kumuh.

foto: TikTok/@faridaa.hy

Langkah pertama yang dilakukan adalah mulai membersihkan. Farida mulai membersihkan kerak-kerak dan debu yang menempel pada keramik dan dinding. Ia pun mendapatkan banyak tantangan dengan adanya kecoa bermunculan di mana-mana.

"Setelah dapat sentuhan ibuk-ibuk anak 1 yang gabut. Pelan-pelan kosrek sana-sini sambil ada drama sedikit karena kecoa di mana-mana," ujarnya, dikutip brilio.net pada Kamis (30/5).

foto: TikTok/@faridaa.hy

Meski sudah terlihat jauh lebih bersih pada bagian lantainya, ia masih merasa malas masuk ke dapur. Dapurnya tetap terlihat kumuh karena bagian dindingnya yang terkelupan dan lembap.

"Udah mulai bersih tapi masih rada males masuk dapur buat masak karena bentukannya masih tidak tertata," ungkapnya.

Untuk itulah, wanita ini mulai merombak lagi dapurnya. Tidak banyak perubahan, ia hanya mengganti catnya menjadi lebih baru.

foto: TikTok/@faridaa.hy

Dapurnya setelah makeover tampak lebih bersih dan estetik. Pemilik akun @faridaa.hy tersebut hanya menambahkan wallapper stiker pada bagian backsplash dan meja dapurnya. Warna asli keramik yang kusam dan suram jadi tertutup dengan stiker tersebut.

Kemudian, ia juga menambahkan tirai untuk kolong meja. Nggak cuma itu, ia juga memasang karpet karet berongga pada bagian bawah. Hal ini digunakan agar lantai tetap bersih terlindungi saat memasak.

Warganet memuji usaha ibu-ibu untuk membuat dapur sederhananya tetap nyaman digunakan. Nggak sedikit yang awalnya merasa merinding saat melihat dapur pertama karena seram. Namun, hasil makeovernya justru bikin lega.

"Liat beforenya gua ampe gemeteran," kata @yehezkielcellio.

"Vibes dapur yang sebelum di renof kaya kamar mandi pondok pesantren," kata @imamfebii.

"Banyak yg bilang kaya kamar mandi jenazah," balas @faridaa.hy.

"Dapur pun akan cantik di tangan ibu ibu yg tepat masya Allah," kata @honghaein22.

"Cakep kak hasil renovasinya," kata @tiktoknimelnia.

 

(brl/far)

RECOMMENDED