Brilio.net - Idul Adha menjadi hari besar bagi umat Islam. Dalam momen ini, muslim yang mampu diperbolehkan untuk berkurban. Di momen kurban ini, berbagai hal unik sering terjadi, apalagi menyangkut hewan kurban yang hendak disembelih.

Biasanya, hewan kurban yang disembelih di Indonesia adalah sapi, kambing, atau kerbau. Namun, lain dengan kisah unik yang dibagikan oleh akun TikTok @hinata.shoyo1441 ini. Salah satu warga justru menyumbangkan seekor babi untuk dikurbankan.

BACA JUGA :
Pantas jika dilabeli idola tanpa haters, ini 7 momen Duta SO7 santuy diserbu fans usai salat Idul Adha

Berdasarkan unggahan TikTok tersebut, warga yang berkurban merupakan seorang mualaf. Ia belum mengetahui syarat-syarat hewan untuk dikurbankan. Kejadian lucu tersebut terjadi di sebuah masjid di Papua.


foto: TikTok/@hinata.shoyo1441

BACA JUGA :
Sebut dari sapi jantan, momen warga Pekanbaru temukan dua janin saat kurban ini tuai pro kontra

"Karena belum paham, seorang mualaf di Papuan membawa hewan kurbannya ke Mesjid untuk disembelih," tulis @hinata.shoyo1441.

Tentunya, takmir masjid yang mengelola sedikit terkejut. Namun, mereka tidak menghina pemberian seorang mualaf tersebut. Hanya saja, kejadian itu membuat mereka tertawa.

"Kurban, kah? Alhamdulillah," tanya seorang pria yang turut melihat hewan kurban yang diantar.

Babi yang diberikan sebagai hewan kurban tersebut berukuran sangat besar dan bersih. Bahkan, babinya terlihat dari peternakan yang baik.

"Dapat satu kan Alhamdulillah. Segar sekali. Pak ustaz, ready?" tanya perekam video.

"Ready," jawab ustaz yang disambut gelak tawa.

foto: TikTok/@hinata.shoyo1441

Video yang diunggah itu viral dan telah ditonton sebanyak 1,1 juta kali di TikTok. Warganet mengaku tergelak dengan wujud hewan kurbannya. Namun, mereka mengapresiasi niat baik dari warga yang mualaf itu.

"Yang penting ada niat namanya juga masih belajar," kata @regosputra.

"Kasian bayangin dia udh seneng mau ibadah eh gajadiiiiii," kata @sunnyfatdayy.

"Harga babi di daerah pegunungan itu mahal kadang sih bisa 20 jutaan jdi kalau dia sampai rela kasih gitu berarti dia tulus," kata @paceyos.

"Walau salah tapi niatnya untuk berkurban sudah dicatat menjadi pahala," kata @rulzz_05.

"Tpi bapaknya keren baru muallaf udah ada niat berkurban," kata @natsuo_1.

 

(brl/wen)

RECOMMENDED