Brilio.net - Susilo Bambang Yudhoyono atau disapa SBY dikenal sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6. SBY lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik. Sebelum menjadi presiden, SBY dilantik menjadi Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan (Menko Polkam) dalam penyusunan kembali kabinet Gus Dur.

Karier politik SBY semakin bersinar dalam Kabinet Gotong Royong pimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri sebagai Menko Polkam. Ia pun mendirikan Partai Demokrat pada 9 September 2001 dan mencalonkan diri dalam Pilpres 2004. Terpilihnya SBY menjadi presiden menguatkan partai dan posisinya sebagai politisi yang disegani.

SBY sendiri bukan berasal dari keluarga jenderal, tetapi memiliki latar belakang militer. Ia lahir di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada 9 September 1949. Lahir dari keluarga yang sederhana, hunian yang dimiliki keluarga SBY pun juga sederhana.

Rumah masa kecilnya di Pacitan menunjukkan sosok SBY sebagai orang yang pekerja keras. Bahkan kamar tidurnya memiliki ukuran yang kecil, yakni hanya 2 x 1,5 meter saja. Saat ini, rumah SBY digunakan sebagai museum.

Seperti apa desain rumah masa kecil SBY? Daripada penasaran, berikut brilio.net himpun potretnya dari berbagai sumber pada Kamis (22/2).

BACA JUGA :
9 Potret rumah Yusril Ihza Mahendra ini unik bak kastil China, banyak pajangan patung

 

 


(brl/lea)

BACA JUGA :
Digadang jadi cawapres Prabowo, 9 potret rumah mewah Gibran yang tak jauh dari kediaman Jokowi di Solo

RECOMMENDED