foto: pixabay.com

BACA JUGA :
10 Contoh etos kerja di sekolah, membiasakan untuk selalu disiplin

3. Menyiapkan tempat layak untuk sungkem.

Sungkem dilakukan dengan memuliakan orang yang kamu hormati. Persiapkan terlebih dahulu tempat yang nyaman untuk melakukan prosesi sungkem. Carilah momen yang tepat untuk berbicara kepada orang tuamu. Berikan tempat duduk yang lebih tinggi, kemudian persilakan orang tuamu duduk di sana.


4. Prosesi sungkem.

BACA JUGA :
100 Kids quotes bijak, penuh kasih sayang, motivasi, dan makna mendalam

- Duduklah lebih rendah dibanding orang tua. Kamu bisa berjongkok atau bersimpuh.
- Apitlah kedua tangan orang tua dan tundukkan kepalamu di sana.
- Dekatkan tangan kedua orang tua dengan lembut kemudian cium.
- Ucapkan permintaan maafmu dalam pangkuan orang tua.
- Resapi dan dengarkan nasehat serta tanggapan orang tua dari permintaan maafmu.
- Setelah selesai, lepaskan genggaman tanganmu dengan orang tua. Ciumlah kedua sisi pipi serta kening orang tuamu.

Ucapan minta maaf Lebaran bahasa Jawa.

foto: pexel.com

"Sakderengipun kula matur, ngaturaken sugeng riyadi nggih bapak/ibu/mbah. Kula mriki sowan dateng ngarsanipun bapak/ibu/mbah, kula nyuwun pandonganipun bapak/ibu/mbah, kula nyuwun agenging samudra pangaksami dhateng sedaya klenta klentunipun lampah kulo tumindak lan anggene kula matur ingkang kulo jarag nopo dene mboten dipun jarag. Mugi-mugi sedanten niku saged ndadosaken penggalihipun bapak/ibu/mbah lan ndadosaken manahipun kula panjengan sami padhang. Lan ingkang uga kita sami suwun suwun, mugi ibadah kula lan panjengengan saged katampi ing ngarsanipun gusti Allah SWT lan mugi Allah kersa maringi pangapunten dumateng sedaya kelepatan kita sedaya."

Artinya:

Sebelum saya berbicara, saya ucapkan selamat hari raya bapak/ibu/kakek/nenek. Saya datang berkunjung ke bapak/ibu/kakek/nenek, saya memohon doa bapak/ibu/kakek/nenek, saya mohon maaf sebesar-besarnya atas segala bentuk kesalahan tingkah laku dan dalam perkataan yang saya sengaja maupun tidak disengaja. Semoga semua itu bisa menjadikan perasaan bapak/ibu/kakek/nenek dan menjadikan hati saya dan semuanya terang. Dan untuk yang sama-sama kita semua juga minta-minta, semoga ibadah saya dan semuanya bisa diterima di sisi Allah SWT dan semoga Allah mau memberikan ampunan pada semua kesalahan kita semua.

(brl/jad)