Brilio.net - Saat belajar fisika, tentunya dihadapkan dengan berbagai soal hitungan yang cukup rumit. Agar bisa menyelesaikan soal-soal tersebut, tentunya dibutuhkan pemahaman tentang rumus yang akan digunakan. Pemahaman ini penting, karena suatu soal dapat dipecahkan dengan rumus.

Selain itu, memahami dan menguasai berbagai rumus merupakan kunci utama untuk meraih kesuksesan akademik. Rumus-rumus akan menggambarkan hubungan matematis antara berbagai konsep fisika dan memungkinkan kamu untuk menghitung serta menganalisis berbagai fenomena alam.

BACA JUGA :
9 Trik cerdas matematika ini nggak diajarkan di sekolah, bikin kamu bisa berhitung tanpa kalkulator

Salah satu rumus yang kerap digunakan pada ilmu fisika yaitu rumus gaya. Gaya adalah salah satu konsep mendasar dalam fisika yang menggambarkan interaksi antara benda-benda di alam semesta. Gaya dapat mengubah keadaan gerak, bentuk, atau bahkan sifat-sifat lain dari suatu benda.

Untuk memahami interaksi ini dengan baik, kamu perlu memanfaatkan rumus-rumus gaya yang membantu mengukur dan menggambarkan pengaruh gaya dalam berbagai situasi. Berikut ini macam-macam rumus gaya dan penjelasannya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/8).


BACA JUGA :
11 Contoh soal barisan aritmatika dan pembahasannya, mudah dipahami

Macam-macam rumus gaya dan penjelasannya
freepik.com

Konsep dasar gaya

Sebelum kamu melangkah ke rumus-rumus gaya, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang dimaksud dengan gaya. Gaya dapat diartikan sebagai suatu dorongan atau tarikan yang dapat mengubah keadaan benda. Gaya dapat disebabkan oleh interaksi fisik antara benda-benda atau medan medan seperti gravitasi dan elektromagnetisme.

Gaya memiliki beberapa sifat dasar, di antaranya:

1. Besaran vektor

Gaya memiliki magnitude (besarnya) dan arah. Ini berarti bahwa dua gaya dengan magnitude yang sama namun arah yang berbeda dapat memberikan efek yang berbeda pada benda.

2. Satuan pengukuran

Gaya diukur dalam satuan newton (N). Satu newton didefinisikan sebagai gaya yang memberikan percepatan 1 meter per detik per detik pada benda dengan massa 1 kilogram.

3. Interaksi timbal balik

Sesuai dengan hukum ketiga Newton, setiap tindakan memiliki reaksi yang sebanding dan berlawanan arah. Jadi, jika benda A memberikan gaya pada benda B, benda B juga memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah pada benda A.

Rumus gaya

Rumus gaya menyediakan cara matematis untuk mengukur gaya dalam berbagai situasi. Rumus yang paling mendasar adalah:

Macam-macam rumus gaya dan penjelasannya
Istimewa

Dalam rumus ini, gaya diukur dengan mengalikan massa suatu benda dengan percepatan yang dihasilkan oleh gaya tersebut. Ini sesuai dengan hukum kedua Newton yang menyatakan bahwa gaya total pada suatu benda adalah hasil dari perkalian massa dengan percepatan.

 

 

(brl/ola)

RECOMMENDED