1. Evaluasi kondisi keuanganmu.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Cara hasilkan uang dari Google bagi pemula, bisa jadi sumber penghasilan tambahan

Sebelum memberikan jawaban, pertimbangkan situasi keuanganmu dengan cermat terlebih dahulu. Pastikan bahwa kamu memiliki keseimbangan keuangan yang sehat dan mampu meminjamkan uang tanpa mengganggu keuangan pribadi. Jika kamu memang harus memilih untuk menolak teman pinjam uang, maka sampaikanlah dengan jujur terkait kondisi finansialmu.

2. Jangan memberi jawaban terburu-buru.

Saat temanmu meminta pinjaman uang, jangan memberikan jawaban secara langsung. Beri dirimu waktu untuk memikirkan keputusanmu dengan matang tanpa merasa terburu-buru. Sampaikan pada temanmu jika kamu butuh waktu untuk menjawab permintannya, tetapkan batas waktu untuk menjawabnya, misal keesokan harinya atau beberapa jam kemudian. Jika kamu langsung menyampaikan penolakan, maka akan terkesan bahwa kamu memang memiliki niat untuk menolak teman pinjam uang.


3. Jujurlah dengan temanmu.

Ketika memberikan jawaban untuk menolak teman pinjam uang, berbicara secara jujur kepada temanmu tentang situasi keuanganmu. Sampaikan dengan tegas dan sopan bahwa kamu saat ini tidak dapat meminjamkan uang. Misalnya, kamu memiliki komitmen keuangan lain atau tengah menghadapi situasi tak terduga. Selain itu bisa saja sampaikan bahwa saat ini kamu juga sedang menghadapi keterbatasan keuangan dan tidak dapat meminjamkan uang.

BACA JUGA :
Cuma habiskan Rp 6.000 untuk biaya makan perhari, cewek ini punya 3 rumah seharga Rp 2 miliar

4. Hindari memberikan alasan palsu.

foto: freepik.com

Walau kamu harus menolak teman pinjam uang, namun jangan berbohong atau memberikan alasan palsu untuk menolak permintaan pinjaman. Jika kamu berbohong, temanmu bisa saja akan langsung merasa tersinggung dan tidak nyaman. Jadilah jujur, karena kejujuran adalah kunci dalam menjaga hubungan baik.

5. Ajak untuk berbicara secara pribadi.

Hindari menolak teman pinjam uang di depan umum. Karena ia akan merasa rendah diri di hadapan orang lain. Jika memungkinkan, bicarakan secara pribadi untuk menghindari situasi yang canggung di depan orang lain. Ajak temanmu untuk berbicara di momen khusus agar situasinya lebih intim dan nyaman.

6. Utarakan perasaanmu.

Saat ingin menolak teman pinjam uang, sampaikan perasaanmu dengan tegas, namun tetap hormati perasaan temanmu. Jelaskan bahwa kamu sangat menghargai hubungan persahabatan dengan mereka, namun menolak permintaan pinjaman bukan berarti kamu tidak peduli. Kamu juga bisa ingatkan temanmu tentang pengalaman buruk dalam meminjamkan uang pada teman sebelumnya, sehingga mereka bisa mengerti posisimu.

 

(brl/mal)