Contoh pengalaman organisasi sekolah, bisa jadi nilai tambah saat daftar kerja.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
10 Contoh organisasi sekolah yang sangat bermanfaat, cocok untuk upgrade diri dan skill

6. Pengalaman magang atau praktikum

Contoh pengalaman di sekolah yang sangat bagus sebagai bekal mendaftar pekerjaan adalah pengalaman magang atau praktikum. Jika kamu ingin para HRD melirik proposal/CV yang kamu ajukan, kamu bisa mengikuti program magang diberbagai lini. Pengalaman bekerja dan magang mampu menunjukkan pengalaman yang sangat baik dibanding peserta pendaftar lainnya. Hal itu ditunjukkan dengan pengalaman bekerja praktis dalam suatu perusahaan, selain itu magang memberikanmu dunia nyata untuk menerapkan berbagai keilmuan dan teori selama menuntut ilmu di sekolah.


7. Partisipasi dalam kegiatan pengembangan diri

BACA JUGA :
10 Kata-kata pembukaan presentasi untuk pekerja, bikin kepercayaan diri meningkat

Partisipasi dirimu dalam mengikuti berbagai kegiatan dan program pengembangan diri, bisa menjadi nilai plus dirimu dimata HRD. Keikutsertaan mu dalam program pengembangan diri, seperti mengikuti seminar, pelatihan, ataupun workshop mengenai pengembangan skill dan olah diri sangat berdampak positif bagi masa depan mu. Pengalaman tersebut menunjukkan akan kemauan dirimu dalam mengembangkan potensi diri jauh lebih baik dari waktu ke waktu.

8. Kepemimpinan dalam acara sekolah atau kompetisi

Contoh pengalaman organisasi di sekolah yang bisa kamu ikuti yakni dengan menjadi seorang pemimpin sebuah acara sekolah ataupun kompetisi tertentu. Contohnya saja seperti ketua event perlombaan, ketua event pentas seni, ataupun ketua event perlombaan/kompetisi siswa. Berbagai pengalaman dalam kepemimpinan itu menjadi nilai tambah dirimu. Selain itu, pengalaman yang kamu miliki menunjukkan kemampuan dalam memimpin suatu tim dan kemampuan dalam bekerja sama dengan tim yang diikuti orang banyak.

9. Pengalaman dalam pengelolaan keuangan

Jika kamu pernah menjadi seorang bendahara ataupun pernah menjadi seksi keuangan, maka kamu perlu berbangga diri. Dikarenakan pengalaman mu dalam mengelola keuangan suatu acara atau organisasi adalah kemampuan yang jarang dimiliki orang banyak. Kemampuan mu dalam mengelola dana dengan jumlah yang sangat besar, dan mengorganisir anggaran menjadi nilai plus dimata HRD perusahaan.

10. Keterlibatan dalam proyek sosial atau kemanusiaan

Contoh pengalaman organisasi yang terakhir adalah keterlibatan dirimu dalam berbagai proyek sosial atau kemanusiaan. Keaktifan dirimu dalam berbagai event semacam itu menunjukkan kepedulian sosial yang tinggi dan juga rasa empati yang besar. Dirimu memiliki keinginan untuk memberikan dampak positif bagi orang-orang yang membutuhkan. Hal itu adalah sebuah nilai berharga yang sangat dicari berbagai perusahaan besar diluar sana.

Itulah 10 contoh pengalaman organisasi sekolah yang paling dicari HRD perusahaan. Harapannya, setelah kamu mengetahui apa saja pengalaman organisasi di sekolah dan di luar sekolah yang memiliki nilai lebih bagi dirimu, kamu dapat mendapatkan pekerjaan yang kamu idam-idamkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(brl/wen)