Brilio.net - Baru-baru ini Cristian Gonzales menuai sorotan saat menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6). Pasalnya, legenda Timnas Indonesia itu duduk di tribun bukan kursi VIP. Pemandangan tersebut menjadi sorotan beberapa pihak, salah satunya Ibnu Jamil.

Melalui unggahannya di akun Instagram miliknya, suami Ririn Ekawati ini beranggapan jika Gonzales layak duduk kursi VIP sebagai bentuk penghormatan terhadap dedikasinya selama membela timnas. Pendapat tersebut pun diamini penggemar sepak bola Tanah Air hingga menjadi pembahasan di media sosial.

BACA JUGA :
7 Tradisi klub sepak bola Indonesia sebelum ikut kompetisi

Banyak yang memberikan kritik kepada PSSI, karana dianggap seperti tidak menghargai mantan pemain timnas tersebut. Persoalan tersebut pun langsung ditanggapi oleh PSSI lewat Anggota Komite Eksekutif (Exco), Arya Sinulingga.


foto: Instagram/@el_locogoliadorcf_.

BACA JUGA :
Momen Desta turun dari kursi VVIP saat nonton timnas jadi cibiran, netizen bandingkan dengan Gonzales

Menurutnya, PSSI sudah menyiapkan mekanisme bahwa pemain legenda boleh duduk di kursi VIP. Kebijakan itu mulai diterapkan saat Indonesia melawan Argentina di laga persahabatan pada 16 Juni 2023 lalu. Bahkan, Arya mengatakan bahwa PSSI masih menerapkannya sampai pertandingan terakhir Indonesia melawan Filipina

Hal tersebut didapatkan legenda timnas yang ingin menonton dengan cara menghubungi pihak Kesekjenan dari PSSI terlebih dahulu. Setelah itu, pihak PSSI akan memberikan tempat kepada legenda tersebut di kursi VIP.

foto: Instagram/@arya.m.sinulingga

"Sejak melawan Argentina, setiap pemain legend membutuhkan tiket nonton timnas akan diberikan PSSI dengan menghubungi kesekjenan PSSI dan ini berjalan sampai kemarin melawan Filipina (Kalau sebelumnya saya tidak berani mengklaim," katanya dalam unggahan Instagram pribadi dengan username @arya.m.sinulingga, dikutip brilio.net pada Jumat (14/6).

Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah berjalan berkali-kali. Baginya banyak yang mengetahui tentang informasi ini. Tidak sedikit juga dari legenda timnas yang meminta tiket di kursi VIP tersebut.

"Ini sudah berlaku berkali-kali dan semua sudah tahu. Banyak yang minta kok. kan tidak semua juga legend mau nonton," tambahnya.

Dalam hal ini, bukan hanya tiket untuk para legenda timnas saja, PSSI juga memberikan keistimewaan itu kepada yayasan yang bergerak di bidang sepak bola. Mereka bisa mengambil tiket kapan saja jika butuh di Sekretariat PSSI.

foto: Instagram/@arya.m.sinulingga

"Mungkin yang bukan legend nggak paham," ujarnya sambil menyindir Ibnu Jamil.

Selanjutnya, Arya mengatakan bahwa PSSI saat ini sedang fokus mempersiapkan timnas untuk bermain di ronde 3 kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Karena itu, ia juga meminta kepada pihak-pihak luar agar tidak memecah fokus dengan menyebarkan isu-isu yang di luar persiapan timnas.

"Kami lagi berkonsentrasi untuk persiapan round 3. Tolong bantu kami, isu-isu di luar dari isu penyiapan timnas bisa dikurangi. Kita tetap menerima masukan-masukan di luar dari isu tersebut, tapi alangkah baiknya kita fokus ke persiapan round 3," pungkasnya.

 

(brl/mal)

RECOMMENDED