Brilio.net - Kertas minyak adalah barang yang sepele namun sering digunakan banyak orang untuk bungkus-membungkus. Apalagi buat pedagang kuliner, khususnya warung makan, kertas minyak seakan wajib hukumnya tersedia di warung tersebut.

Biasanya, kertas minyak dibeli dalam bentuk rim. Seperti membeli kertas HVS untuk mencetak tugas skripsi, kertas minyak juga dibeli dalam jumlah yang banyak sekaligus.

BACA JUGA :
Life hack nyeleneh bikin 'WiFi bebas biaya seumur hidup', ternyata begini cara buatnya

Tapi kalau kamu butuhnya cuma sedikit dan malas beli banyak sekaligus, kamu bisa bikin sendiri kertas minyak ini dengan cara yang nggak terduga. Lewat lifehack nyeleneh berikut ini, kamu akan tahu cara bikin kertas minyak di rumah yang bikin kamu nggak perlu beli lagi.

Dilansir brilio.net dari akun TikTok @didinchannel01 pada Kamis (30/5), akun tersebut membagikan cara agak lain untuk membuat kertas minyak.


"Cara membuat kertas minyak. Mantap Men!" tulisnya.

BACA JUGA :
Life hack nyeleneh minum kopi susu ini idenya menarik dicoba, praktis dan anti tumpah

foto: TikTok/@didinchannel01

Pertama, kamu butuh menyiapkan selembar kertas. Dalam video, diperlihatkan pria yang membuat tutorial ini menyiapkan kertas HVS. Selanjutnya, permukaan kertas tersebut ditumbuk pelan-pelan menggunakan ulekan sambal yang tentu dalam keadaan bersih, bukan yang masih ada sambal terasinya.

foto: TikTok/@didinchannel01

Selanjutnya, lapisi semua permukaan kertas dengan minyak sayur secara merata. Pastikan seluruh permukaan sudah dilapisi oleh minyak tersebut. Sesudah itu, masukkan kertas yang sudah dilapisi minyak ke dalam plastik.

foto: TikTok/@didinchannel01

Masukkan ke dalam kulkas, dan simpan selama 24 jam. Setelah sehari semalam disimpan di lemari es, hasilnya pun bisa kamu lihat. Dari penampakan yang ditunjukkan, kertas tersebut sudah berubah warna menjadi kecoklatan.

Bercak-bercak bekas minyak pun menunjukkan kalau kertas HVS ini sudah berubah wujud menjadi kertas minyak dalam artinya sebenarnya. Nyeleneh abis bukan?

foto: TikTok/@didinchannel01

Lifehack nyeleneh ini pun tak lupa dikomentari oleh warganet.

"Mantap, saya sebagai penjual nasi uduk nggak perlu lagi beli kertas minyak. Bikin sendiri aja ya kan," tulis akun @murtadhomohammad.

"Pabrik kertas minyak ketar-ketir melihat lifehack ini," kata akun @sawi.ijo5.

"Nggak bohong kok, emang bikin kertas minyak kan," kata akun @vaniardiansyah.

"Cara nyeleneh ini membuat Indonesia jadi negara maju mengalahkan Swiss," tulis akun @diplomatic_situation.

(brl/wen)

RECOMMENDED