Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari Sepsis.

 

Ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan guna mengurangi risiko Sepsis, termasuk yang dipicu oleh covid-19 seperti Chicco Jerikho. Langkah pertama yaitu berbicara dengan ahli kesehatan mengenai strategi pencegahan infeksi yang dapat mengarah pada Sepsis. Selain tiu sangat disarankan untuk menjaga kondisi kronis pasien dengan baik dan mendapatkan vaksin yang direkomendasikan.

BACA JUGA :
Kisah pilu Chicco Jerikho idap penyakit sepsis yang mengancam jiwa, bersyukur dapat kesempatan kedua

Meskipun vaksinasi dapat mencegah beberapa infeksi, namun tidak menjamin tidak terkena Sepsis. Selain itu, pasien juga dapat menjaga kebersihan dengan cara rajin mencuci tangan dan menjaga luka tetap bersih hingga tertutup. Banyak pasien yang mengalami Sepsis memiliki setidaknya satu kondisi medis yang mendasarinya, seperti penyakit paru-paru kronis atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sepsis sendiri tidak menular. Seseorang tidak dapat menyebarkannya ke orang lain. Tapi seseorang bisa menyebarkan infeksi yang bisa menyebabkan Sepsis. Karena itu sangat dianjurkan untuk jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar.


(brl/wen)

BACA JUGA :
Gangguan kecemasan jadi awal autoimun, Erika Carlina alami kesemutan otak hingga kepala botak