Brilio.net - Buah durian merupakan salah satu buah yang begitu disukai banyak orang. Rasanya lezat dan aromanya yang menggoda menjadi kekhasan buah dengan kulit berduri tajam ini. Di Indonesia khususnya, buah durian biasanya akan mudah didapatkan bila musimnya tiba alias dalam masa panen besar-besaran.

Umumnya, buah durian sendiri dijual dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 150 ribu. Harga tersebut tergantung dengan jenis durian dan tingkat kematangannya. Penjualannya juga dengan mudah ditemukan, seperti di pusat perbelanjaan atau pedagang di pinggir jalan.

Meski harganya terbilang pas di kantong, namun jangan salah sebenarnya tak sedikit pula durian yang memiliki harga fastastis. Mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Harga itu dibanderol berdasarkan kelezatan dan tingkat kelangkaannya.

Kira-kira durian apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, jenis-jenis durian yang mahal, terbaru ada durian Rp 14 juta. Senin (27/1).

Loading...

1. Durian Montong.

durian termahal  © 2019 brilio.net

Durian Montong tentulah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Durian ini merupakan durian yang paling sering ditemui. Dagingnya yang lembut, rasanya yang lezat, dan baunya yang wangi dengan mudah menggugah selera siapa pun. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, durian Montong biasanya dibanderol Rp 75 ribu perkilo atau bisa mencapai Rp 150 ribu perbuah.

2. Durian Tai Babi.

durian termahal  © 2019 brilio.net

Sekilas, nama jenis duriannya mungkin akan membuat orang bertanya-tanya. Namun jangan salah, Tai Babi di sini bukanlah nama kotoran hewan, melainkan nama jenis durian yang cukup ternama di Indonesia. Durian Tai Babi adalah durian yang khas dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari segi rasa, tak perlu ditanya. Setiap gigitannya terdapat rasa legit dan daging tebal yang membuat orang-orang bisa kecanduan. Dikutip dari merdeka.com, harga durian Tai Babi umumnya mencapai Rp 300 ribu perbuah.

3. Durian Musang King.

durian termahal  © 2019 brilio.net

Musang King merupakan durian asal Malaysia yang sangat terkenal di dunia. Selain rasanya, durian Musang King juga pernah disebut sebagai durian termahal di dunia dan menjadi makanan para raja. Dilansir dari freshplaza.com, durian yang umumnya memiliki berat 2,5 kg ini terjual di China seharga 100 Yuan perkilo, Rp 208 ribu.

Namun karena besarnya minat terhadap Musang King, durian ini bahkan pernah dijual seharga 800 Ringgit, alias Rp 2,6 juta di pasar Internasional.

4. Durian J-Queen.

durian termahal  © 2019 brilio.net

Belakangan, cerita durian asal Tasikmalaya, Jawa Barat tengah ramai jadi perbincangan publik. Ya, durian bernama J-Queen ini dijual di Plaza Asia Kota Tasikmalaya seharga Rp 14 juta perbuah alias senilai satu motor bebek. Harga itu dipatok lantaran pohonnya hanya dapat berbuah selama 3 tahun sekali.

Pohon durian J-Queen diketahui hanya terdapat satu di Indonesia. Yang membuatnya semakin istimewa sebab belum lama J-Queen mampu memenangkan kontes durian yang diselenggarakan di Penang, Malaysia dengan mengalahkan durian Mussang King asal Malaysia.

RECOMMENDED