Brilio
Discover the best food

Spot Makan

Mangut Beong, olahan ikan langka khas sungai progo yang manjakan lidah

Nikmatnya mangut beong jadi buruan wisatawan

Home » Spot Makan

16 April 2021 15:00, Daniel Febriawan

Hallo kawan Brilio, 

Ada yang tahu ikan beong?  Ikan beong merupakan ikan khas yang dapat ditemukan di sungai besar termasuk Sungai Progo. Olahan ikan ini menjadi khas di daerah sekitar Sungai Progo sepanjang Borobudur, Magelang sampai Kulon Progo. Ikan beong menyerupai ikan lele memiliki kumis namun bentuk kepala dan dagingnya berbeda. Tim brilio.net berkesempatan untuk mengulik olahan ikan beong di warung Mbah Juri. 

Warung Mbah Juri berada di kawasan Sendangsono, Kulonprogo. Warung yang sudah berdiri sejak 2008 ini memiliki olahan seperti mangut beong, mangut wader duri lunak, ayam terik, sayur lompong, dan gudeg. Semua masakan yang ia olah masih menggunakan teknik tradisional. Ia masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasak demi mempertahankan cita rasa masakannya. Resep olahan mangut ia dapatkan dari orangtuanya. Olahan ikan beong menjadi favorit di warungnya. Mangut ikan beong dihargai Rp.75.000/ per porsi sudah dengan nasi yang bisa kamu ambil sepuasnya jika makan di tempat. Harga untuk seporsi mangut beong memang tergolong cukup mahal ketimbang ikan air tawar lainnya, namun harus kamu tahu untuk mendapatkan ikan ini sangatlah sulit.

Mbah Juri mendapatkan ikan beong dari pengepul di daerah Borobudur. Ia harus menunggu lima hari sampai seminggu untuk mendapatkan ikan beong. Ikan beong tidak ada yang membudidaya maka harus langsung di ambil di sungai. Karena sulitnya dalam mencari dan peminatnya banyak membuat ikan ini menjadi mahal. Warung Mbah Juri sudah dikenal sampai luar Jawa, bahkan pelanggannya ada dari Kalimantan dan Maluku. Warungnya buka dari jam 6 pagi hingga jam 18.00.  

 

Penasarankan olahan ikan beong di warung Mbah Juri seperti apa? Yuk langsung simak video lengkapnya. 

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Mangut Beong, olahan ikan langka khas sungai progo yang manjakan lidah.
Nikmatnya mangut beong jadi buruan wisatawan
https://brilicious.brilio.net/video/spot-makan/-olahan-ikan-langka-sungai-progo-yang-lezat-2104160.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP