Discover the best food

Hits

Inspirasi wirausaha dari Koling, penghasilan per harinya bikin ngiler

Bisnisnya kini tersebar di Yogyakarta, Magelang dan Semarang.

Home » Hits

03 April 2018 11:32, Ahada Ramadhana

Kopi saat ini menjadi salah satu komoditi menarik di kalangan anak muda. Dengan pangsa pasar yang sedemikian besar, seorang pemuda bernama Nikolas Deni Firma mendirikan Koling alias Kopi Keliling pada tahun 2014. Bisnisnya kini tersebar di Yogyakarta, Magelang dan Semarang.

Simak obrolan Nikolas dengan brilio.net tentang bisnisnya berikut ini. Inspirasi banget nih buat kamu, pecinta kopi yang ingin berwirausaha di bidang yang kamu cintai ini.

Gimana sih cerita awal-awal menjalankan bisnis Koling?

Dulu awalnya dari keliling, promosi pakai megaphone. Banyak yang bertanya kita jualan apa.
Dulunya pertama jualan pakai style barista kekinian, cuma ketika pakai baju Jawa banyak pengunjung.

Ada nggak sih yang menjual kopi dengan konsep serupa?

Dulu waktu ngerintis banyak banget, bahkan sampai 10 brand kopi versi jalanan.

Apa khas dari Koling yang pengen ditonjolkan?

Kita punya konsep sendiri-sendiri, jadi yang kita tonjolin bukan trend kopinya, tapi ngeluarin keistimewaannya. Dari segi gerobak sama pakaian.

Sekarang kok milih ngetem nggak keliling lagi?

Kita merasakan versi kerasnya jalanan cukup setahun. Jadi ketika janjian langsung datang ke Malioboro.

Apa aja sih kendala yang ditemui?

Versi jalanan kendalanya banyak. Satpol PP, yang punya kawasan, pajak kebersihan. Tapi pengalaman paling seru itu ketemu Satpol PP. Kalau dihitung-hitung kena Satpol PP 100 kali ada.

Kalau lokasi saat ini sudah dapat izin?

Sudah dapat izin dari Dinas Pariwisata Jogja.

Pendapatan harian kisaran berapa sih?

Rata-rata sih per gerobak sekitar 40-50 cup. Kita ambil contohnya (di Jogja) 500.000 x 2 shift x 6 gerobak

Kenapa Koling berani ngasih harga kaki lima?

Karena kita segmennya wisatawan sama mahasiswa. Jadi nggak berani ngasih harga di atas Rp 20 ribu. Ibaratnya, mau minum kopi di atas Rp 25 ribu mending buat makan.

Tertarik menekuni bisnis serupa?

RECOMMENDED

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Inspirasi wirausaha dari Koling, penghasilan per harinya bikin ngiler.
Bisnisnya kini tersebar di Yogyakarta, Magelang dan Semarang.
https://brilicious.brilio.net/video/hits/inspirasi-wirausaha-dari-koling-penghasilan-per-harinya-bikin-ngiler-1804033.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP