Brilio.net - Lazimnya, buah nanas memiliki kulit dan buah yang berwarna kuning. Namun, ternyata ada teknologi baru yang dapat mengubah warna nanas menjadi pink lho.

 

A post shared by Sheena Symchuk (@shes_on_the_run) on


Rekayasa genetik mengubah stigma masyarakat dengan munculnya nanas merah muda. Bagaimana caranya nanas yang alaminya berwarna kuning diubah menjadi merah muda?

Dilansir brilio.net dari Foodbeast, Senin (29/5) Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat sudah memberikan izin peredaran nanas merah muda sejak setahun yang lalu. Banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan sensasi rasa dari nanas ini tapi belum banyak yang tahu bagaimana budidaya nanas cantik ini di perkebunan.

Loading...

Dua perkebunan yang membudidaya nanas ini adalah perkebunan Dole dan perkebunan Del Monte yang berlokasi di Hawaii dan Kosta Rika. Di kawasan ini nanas pink yang diberi nama Rose Gold itu dikembangkan dan dibudidaya hingga siap panen dan siap dipasarkan ke masyarakat. Buah unik ini sebenernya mulai dikembangkan sejak tahun 2005.

 

A post shared by Celia Chan (@celia723) on


Untuk mendapatkan warna kulit dan daging buah yang merah muda, para ilmuwan memodifikasi buah ini secara genetis.

Proses penanamannya yakni saat nanas masih muda, warnanya memang merah secara alami. Zat penghasil warna merah ini disebut lycopene, zat yang juga menghasilkan warna merah pada buah tomat. Secara alami, zat ini kemudian diubah oleh enzim yang kemudian mengubahnya menjadi warna kuning. Dalam hal ini, ilmuwan di perkebunan buah berhasil mempertahankan zat lycopene pada nanas muda hingga akhirnya nanas tumbuh matang tanpa mengalami perubahan warna. Ternyata cara ini sukses dikembangkan dan diterapkan pada nanas yang sekarang mulai banyak dijual di pasaran.


Bagaimana, tertarik untuk mencicipi nanas pink ini?

RECOMMENDED