Brilio.net - Siapa yang tidak mengetahui ketiga makanan ini? Ketupat, lontong, dan buras merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras. Ketiganya memang cenderung mirip, karena sama-sama dimasak bersama bungkusan daun.

Kerap dianggap sama, namun ternyata ketiga makanan ini berbeda, lho. Dilansir brilio.net dari fimela.com pada Rabu (28/4), ada beberapa perbedaan antara ketupat, lontong, maupun buras.

Di antara ketiganya, ketupat dinilai paling beda. Jika lontong dan buras dibungkus dengan daun pisang, ketupat ini dibungkus dengan daun kelapa atau janur.

perbedaan ketupat, lontong, dan buras © berbagai sumber

Loading...

foto: Instagram/@dyah.meita

Ketupat biasa disajikan saat hari lebaran. Contohnya seperti untuk pendamping hidangan opor ayam, opor nangka, sayur kuah santan, maupun ketupat Kandangan khas Kalimantan Selatan. Waktu membuat ketupat membutuhkan waktu lumayan lama, sekitar 4 sampai 6 jam agar beras matang sempurna dan dapat dihidangkan.

Selain ketupat, mengolah lontong juga butuh waktu sekitar 5 jam. Lontong ini merupakan makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Biasanya lontong dimakan bersama pecel, opor, sate, hingga bakso. Teksturnya lembut dan rasanya 'masuk' dengan makanan apa saja, membuat lontong kerap digemari oleh sejumlah orang.

perbedaan ketupat, lontong, dan buras © berbagai sumber

foto: Instagram/@sukmawati_rs

Sementara itu, buras merupakan makanan khas Makassar atau Bugis. Cara mengolahnya sama dengan ketupat dan lontong, yaitu dibungkus dengan daun dan dimasak dalam jangka waktu lama. Yang membuatnya berbeda adalah bahan yang digunakan. Untuk membuat buras, biasanya ditambahkan dengan santan kelapa, parutan kelapa, dan garam. Sehingga, rasanya cenderung lebih gurih.

perbedaan ketupat, lontong, dan buras © berbagai sumber

foto: Instagram/@puang_achi

Itulah perbedaan tiga makanan berbahan dasar beras yang dimasak bersama bungkusan daun. Kalau kamu, lebih suka menikmati yang mana?


RECOMMENDED