Brilio.net - Tepung adalah biji-bijian yang digiling halus yang umumnya terbuat dari gandum. Tepung berfungsi membantu memberikan tekstur kenyal, memuaskan, kekentalan pada roti dan masakan. Bagi yang senang memasak, pasti sudah tak asing dengan tepung.

Namun buat para pemula, mengetahui jenis tepung adalah hal yang penting. Beberapa tepung punya fungsi serupa, tak ayal membuat orang kerap menyamakan tepung tersebut. Bahkan satu dengan lainnya terkadang bisa dipakai untuk saling menggantikan.

Misalnya ada tepung terigu, tapioka, maizena, dan sagu. Keempat tepung ini punya warna yang mirip yaitu putih. Tapi empat jenis tepung ini tetap saja berbeda. Perbedaan mendasar dari tepung biasanya terletak pada kandungan proteinnya. Selain itu, dari bahan baku, tekstur, serta fungsi pun berbeda.

Sama-sama berwarna putih, namun keempat tepung ini ternyata beda lho. Apa saja perbedaan dari terigu, maizena, sagu, dan beras? Simak ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (26/4).

Loading...

1. Tepung terigu.


Tepung terigu utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Tepung ini terbuat dari gandum. Tepung terigu adalah tepung yang paling umum digunakan untuk makanan dan beragam roti. Ada berbagai jenis tepung terigu, dan mereka dibedakan berdasarkan jumlah gluten yang dikandungnya.

Ada tepung terigu protein rendah yang punya gluten sangat sedikit. Kemudian ada terigu protein sedang, yang di dalamnya terdapat sekitar 11%-13% protein, membuat tingkat gluten pada tepung ini lebih banyak. Selanjutnya ada tepung terigu protein tinggi sekitar 14%-16%. Dengan besaran protein tinggi, sudah pasti tingkat gluten di dalamnya juga besar.

2. Tepung tapioka.


Tepung ini terbuat dari singkong. Tapioka banyak dipakai untuk pengental makanan. Di dalamnya sebagian besar terdiri dari karbohidrat. Selain bikin makanan lebih lezat, tapioka juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, menambah nafsu makan, hingga melancarkan pencernaan.

3. Tepung maizena.


Tepung ini terbuat dari pati jagung. Pada umumnya, maizena memiliki warna cenderung kekuningan, lebih pucat dibanding terigu. Teksturnya kesat dan bisa lengket di tangan. Tepung ini biasa dipakai untuk mengentalkan makanan.

4. Tepung sagu.


Tepung ini terbuat dari pati tanaman sagu atau bisa juga dari pohon aren. Warna putih pada tepung sagu cenderung agak kusam dibanding tepung terigu. Tepung sagu punya tekstur kasar berpasir. Tepung ini kerap dipakai untuk membuat aneka kudapan seperti bika ambon, pempek, hingga bubur.


RECOMMENDED