Brilio.net - Saat cuaca panas, memang paling enak menyantap es krim. Eits, tapi jangan salah, es krim yang kamu nikmati sehari-hari belum tentu sesuai namanya. Bisa saja kamu tengah menikmati gelato atau juga sorbet. Sekilas es krim, gelato dan sorbet memang memiliki penampakan yang sama. Akan tetapi jika ditilik dari proses pembuatannya ternyata cukup berbeda lho. Bahan utamanya juga berbeda.

Nah, biar nggak salah lagi, yuk baca ulasan brilio.net, beda es krim, gelato dan sorbet yang dirangkum dari Cookinglight berikut ini, Senin (11/9).

1. Es krim

beda eskrim gelato sorbet © 2017 brilio.net

Loading...

foto: Flickr.com

Sesuai namanya, dessert ini memiliki rasa krim yang kuat. Selain krim, bahan dasar lainnya ada susu, gula serta campuran perasa. Untuk proses pembuatan es krim, bahan-bahannya diaduk secara cepat dan kuat dengan menggunakan mesin. Dari proses inilah yang membuat banyak gelembung udara masuk ke bahan yang sedang diaduk.

Seporsi es krim dalam proses pengadukannya biasanya bisa mengembang 25 hingga 90 persen. Karenanya semakin padat sebuah es krim semakin bagus kualitasnya. Es krim kualitas premium biasanya hanya mengembang sekitar 25 persen saja. Dalam proses pembuatannya, es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius.

Tekstur es krim juga lebih lembut dan mudah hancur karena tinggi akan kandungan gelembung udara. Sementara, kandungan lemak es krim berkisar antara 12-14 persen. Es krim memiliki kandungan lemak yang lebih besar ketimbang gelato.

2. Gelato

beda eskrim gelato sorbet © 2017 brilio.net

foto: gelatodiriso.com

Gelato sebenarnya adalah bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata 'congelati' yang berarti beku. Meski demikian dalam perjalanannya gelato menjadi jenis dessert tersendiri. Gelato dibuat dari susu, gula, kuning telur, dan air. Gelato dibuat dengan lebih banyak susu dibanding krim.

Untuk proses pembuatannya, Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius. Gelato memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan es krim karena diaduk secara perlahan sehingga udara di dalamnya berkurang. Kandungan lemak pada gelato juga cukup rendah, rata-rata kisaran lemak gelato di bawah 10 persen. Gelato berkualitas tinggi bahkan hanya mengandung 1-3 persen lemak. Gelato yang baik memiliki tekstur yang padat tetapi masih bisa diambil dengan scoop dan mudah dibentuk.

3. Sorbet

beda eskrim gelato sorbet © 2017 brilio.net

foto: tsgcookin.com

Meski bentuknya menyerupai es krim, sorbet tidak mengandung susu atau pun krim. Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya mirip seperti serbuk es. Sorbet dibuat dari jus buah atau sari buah. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana yakni buah, air, dan gula.

Untuk proses pembuatan sorbet hampir mirip dengan gelato, hanya saja tidak memakai susu, krim, dan kuning telur. Dalam pembuatannya, hanya sedikit jumlah udara yang tercampur dalam adonan selama proses pembekuan. Seringkali alkohol ditambahkan ke dalam sorbet agar tidak terlalu kaku saat didinginkan. Diracik tanpa produk hewani, sorbet seringkali menjadi alternatif hidangan pencuci mulut untuk orang yang tengah menjalani diet rendah lemak.

RECOMMENDED