Brilio.net - Buah nangka dan buah cempedak merupakan salah satu buah favorit bagi beberapa kalangan. Kamu dapat menemukan buah nangka di sekitarmu karena memang mudah ditemukan di seluruh wilayah. Sedangkan buah cempedak lebih jarang dan kebanyakan bisa ditemui di beberapa pulau seperti Kalimantan, Papua, dan Sulawesi.

Dua jenis buah ini sering dianggap sama karena bentuknya sangat mirip jika diperhatikan. Padahal buah nangka dan buah cempedak bukan buah yang sama lho. Jika diteliti secara seksama, banyak perbedaan yang menunjukkan buah nangka dan buah cempedak bukan buah yang sama.

Lantas apa saja perbedaan kedua buah ini? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (2/5), 4 perbedaan buah nangka dan buah cempedak yang perlu kamu tahu.

1. Kulit buah.

Loading...

4 perbedaan buah nangka dan buah cempedak © berbagai sumber

foto: Instagram/@bungadesakediri

Jika dilihat dari jauh, mungkin hampir tidak ada bedanya antara buah nangka dan cempedak. Sama-sama memiliki bentuk yang lonjong dan memiliki kulit yang berduri. Namun jika dilihat lebih dekat, buah cempedak memiliki duri yang cenderung tumpul. Buahnya juga sedikit berbentuk lekuk dan longjong yang tidak beraturan. Ketika buah matang atau tua, kulitnya akan berwarna kuning.

Sedangkan kulit buah nangka teksturnya cukup tajam. Bentuknya lonjong dan lebih beraturan jika dibandingkan dengan buah cempedak. Jika buah sudah matang atau tua, kulitnya tetap berwarna hijau.

2. Aroma.

4 perbedaan buah nangka dan buah cempedak © berbagai sumber

foto: Instagram/@tokobuah.srikandi

Perbedaan yang kedua ada pada aroma. Buah cempedak memiliki aroma kuat dan bisa mengganggu hidung. Aroma dari cempedak hampir mirip dengan aroma durian. Aroma yang menyengat ini akan muncul walaupun buahnya belum dibelah. Sedangkan nangka memiliki aroma yang lebih lembut dan manis. Kamu tidak akan terganggu dengan aroma dari buah nangka.

3. Daging pada buah.

4 perbedaan buah nangka dan buah cempedak © berbagai sumber

foto: Instagram/@carikulinersolo

Setelah nangka dan cempedak dibelah, kamu akan melihat perbedaan dari daging kedua buah tersebut. Cempedak memiliki daging lembut yang mirip dengan durian, meskipun bentuk buahnya sama seperti nangka.

Sedangkan buah nangka memiliki bentuk daging yang lebih ramping, memanjang, serta warna kuning keemasan. Tekstur daging buah nangka lebih berserat jika dibandingkan dengan tekstur cempedak.

4. Jenis olahan buah.

4 perbedaan buah nangka dan buah cempedak © berbagai sumber

foto: Instagram/@eatfresh_id

Nangka dan cempedak sama-sama dapat langsung disantap. Namun perbedaannya, buah cempedak tidak hanya dinikmat bagian dagingnya saja, kulitnya pun bisa turut diolah lalu dapat dikonsumsi. Di Kalimantan, kulit cempedak dikonsumsi dengan cara difermentasikan terlebih dahulu.

Sedangkan buah nangka, hanya dapat dimasak dagingnya saja. Namun daging nangka dapat diolah menjadi banyak menu makanan. Contohnya es krim, kue bolu, gudeg, hingga sayur lontong.


RECOMMENDED