Brilio.net - Buah naga merupakan buah yang tumbuh dari tanaman kaktus. Buah ini berasal dari Amerika Latin, namun banyak juga tumbuh di wilayah California dan Florida. Meski tumbuh di Amerika Latin, buah satu ini mudah banget dijumpai di Indonesia. Harganya juga terjangkau.

Nah, buah naga ini memiliki berbagai jenis, lho. Ada buah naga putih, merah, hitam, dan kuning. Namun, yang familiar bagi masyarakat adalah buah naga merah dan putih. Meski masih dalam jenis yang sama, tapi tahu nggak sih kamu, kalau buah naga dan putih punya banyak perbedaan?

Selain dari warna daging buahnya, ada beberapa perbedaan yang mencolok antara buah naga merah dan putih. Penasaran kan, apa saja nih perbedaan antara buah naga merah dan putih?

Loading...

perbedaan buah naga merah dan putih © freepik.com

foto: freepik.com

Untuk namanya, buah naga merah memiliki sebutan Hylocereus Costaricensis, sementara buah naga putih adalah Hylocereus Undatus. Kedua buah ini cenderung masih bisa dibilang baru di Indonesia, karena baru didatangkan dari Vietnam tahun 2000-an.

Seperti yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (24/4), kalau dari kulitnya, buah naga merah memiliki warna kulit cenderung lebih gelap. Sedangkan kulit buah naga putih, warna kulitnya cenderung lebih cerah. Di samping itu, tekstur buah naga merah dianggap lebih lunak sehingga lebih disukai.

perbedaan buah naga merah dan putih © freepik.com

foto: freepik.com

Selain itu, kalau dibandingkan dari ukuran buah, buah naga merah cenderung lebih besar daripada buah naga putih. Sementara rasa, buah naga merah pun cenderung lebih manis, namun masih aman untuk dikonsumsi karena kadar gulanya tidak terlalu tinggi. Nah, buah naga putih ternyata tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan lho.

Manfaat dari buah naga ini pun banyak sekali, baik buah naga merah maupun putih. Buah naga merah sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara buah naga putih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, yaitu dapat memperlambat kerutan pada kulit yang menandai adanya penuaan dini.

RECOMMENDED