Brilio.net - Bali memang sangat dikenal dengan wisata dan pemandangannya yang indah. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ketagihan untuk selalu berwisata ke pulau Dewata ini. Selain destinasi wisatanya, pulau Bali juga dikenal dengan makanan khasnya yang sangat enak.

Mulai dari nasi campur Bali, sate lilit, sambal matah, dan sebagainya. Namun, nggak cuma makanan aja lho, Bali juga memiliki beberapa minuman khas yang rasanya menyegarkan dahaga. Saat kamu sedang berwisata ke pulau Bali, jangan lupa juga untuk mencicipinya.

Penasaran apa saja minuman khas Bali? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (2/5).

1. Es kuwut.

Loading...

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@dapurciciandriyani

Pada umumnya, es kuwut berisi beberapa jenis buah dipadukan dengan kelapa, blewah, serta biji selasih. Minuman ini hampir sama dengan es campur. Karena rasanya yang dingin dan segar, es kuwut cocok dinikmati sembari menikmati cuaca Bali yang terik saat liburan.

2. Es tambring.

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@miel.fotograaf

Es tambring adalah es kelapa muda yang dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti gula jawa, putih telur ayam kampung, dan asam jawa. Nggak cuma bikin segar, minuman ini mampu mengobati panas dalam dan penyakit pencernaan lho.

3. Es daluman.

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@dutaorchidgarden

Es daluman adalah es yang berisi cincau hijau. Minuman ini biasanya disajikan dengan gula merah, kuah santan, dan es batu. Selain rasanya yang segar, cincau hijau juga bermanfaat memperlancar buang air besar.

4. Es loloh jamu Bali.

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@lasma.novida.In

Dalam bahasa Bali, loloh adalah jamu. Minuman khas Bali ini memiliki rasa yang unik berbeda dari jamu pada umumnya. Rasanya perpaduan pedas, asin, asam, dan manis. Es loloh ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan, lho.

5. Kopi khas Bali.

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@wimara_kupi_store

Bagi kamu penikmat kopi, mencicipi kopi di tiap daerah seolah jadi kewajiban bukan? Begitu pula saat sedang berkunjung ke Bali, kamu juga perlu nih mencicipi kopinya. Kopi khas Bali dibuat dengan cara tradisional. Dengan menggunakan kayu bakar. Proses pembuatan inilah yang membuat kopi khas Bali memiliki aroma yang berbeda.

6. Teh jahe.

6 Minuman khas Bali yang segar © berbagai sumber

foto: Instagram/@santhiserad_food

Meskipun teh jahe banyak dijumpai di berbagai daerah, tapi minuman ini juga termasuk khas Bali. Saat kamu sedang berada di Bali, mungkin kamu akan sering menemuinya. Sama seperti namanya, minuman ini merupakan teh yang dicampur dengan jahe.


RECOMMENDED