Brilio.net - Makassar dikenal dengan kulinernya yang bervariasi dan tentunya nikmat. Bagi kamu, mungkin coto adalah salah satu makanan khas Makassar yang banyak dikenal. Ya, rasa dari coto ini memang gurih, kental, serta kaya akan rempah.

Banyak orang luar dari Makassar yang menyukai hidangan ini. Eits, ternyata gak cuma coto lho hidangan khas Makassar yang mempunyai cita rasa nikmat. Beberapa makanan khas Makassar ini juga sangat menggugah selera.

Penasaran nggak, apa saja makanan khas dari Makassar? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, tujuh makanan khas Makassar selain coto, Sabtu (17/4).

Loading...

1. Sop konro.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@dapurbundakyera

Sop ini merupakan salah satu makanan favorit khas Makassar. Sop konro ini memiliki bahan dasar daging sapi atau iga yang direbus dengan menggunakan kayu manis. Masakan berkuah ini paling pas disajikan bersama nasi hangat.

2. Pallubasa.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@makan2mks

Pallubasa diambil dari bahasa Makassar yaitu Pallu yang artinya makanan dan Basa artinya basah. Pallubasa merupakan makanan olahan daging sapi atau kerbau dengan kuah rempah yang kental. Makanan ini sangat cocok disajikan bersama nasi hangat dan kuning telur ayam kampung. Yummy!

3. Konro bakar.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@surabayafoodies

Makanan ini berbahan dasar iga sapi yang dipanggang dengan dilumuri saus kacang gurih dan diolah dengan kaldu yang sangat nikmat, serta disajikan dengan nasi hangat. Konro bakar ini juga merupakan salah satu makanan favorit khas Makassar.

4. Kapurung.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagra/@mamaettty

Kapurung adalah makanan yang berasal dari sagu. Cara membuatnya, sagu dilarutkan dalam air panas hingga mengental, kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat seukuran dengan bakso. Dan disajikan dengan kuah bumbu kacang serta campuran sayur serta ikan.

5. Songkolo bagadang.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@caecillia_h

Dinamakan songkolo bagadang karena penjaja kuliner ini hanya bisa ditemukan pada malam menjelang subuh. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari ketan hitam atau putih, kemudian ditaburi serundeng dan disajikan bersama ikan teri dan sambal kuning khas Makassar.

6. Ayam palleko.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@denayu_kitchen

Makanan khas Makassar ini merupakan makanan yang khas akan cita rasa pedasnya. Bagi penikmat makanan pedas, mungkin akan sangat cocok di lidah kamu. Makanan ini diolah dengan berbahan dasar ayam yang dipotong kecil-kecil agar bumbu semakin meresap.

7. Mie titi.

7 makanan khas Makassar © berbagai sumber

foto: Instagram/@its.lixawandy

Yang terakhir adalah mie titi. Mie kering ini memiliki kuah yang kental dan terbuat dari telur, air, dan larutan tepung kanji. Biasanya mie titi dilengkapi dengan potongan bakso, ayam, udang, dan sawi hijau.

Buat kamu yang suka banget makanan pedas, bisa menambahkan acar cabai rawit yang sudah dihaluskan. Dijamin akan menggugah selera makan.

RECOMMENDED