Brilio
Discover the best food

Jangan dibuang, pohon pisang ternyata bisa diolah jadi 4 makanan lezat

Unik

Jangan dibuang, pohon pisang ternyata bisa diolah jadi 4 makanan lezat

Tak cuma lezat tapi juga berkhasiat untuk kesehatan.

Home » Unik

20 Januari 2018 01:02, Hira Hilary Aragon

Brilio.net - Pada umumnya setelah pisang berbuah dan jantung pisang diambil, pohon pisang dibiarkan saja atau dibuang oleh pemiliknya karena dianggap tak ada gunanya. Padahal nih ya, pohon pisang bisa digunakan untuk diambil getahnya dan dioleskan pada luka bakar. Atau malah di beberapa daerah, pohon pisang biasanya akan dirangkai dan dijadikan rakit yang nantinya digunakan di sungai.

Namun nyatanya tetap saja tak banyak yang tahu bahwa pohon pisang ternyata bisa digunakan sebagai bahan makanan, lho. Di Lombok contohnya, pohon pisang sudah menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan khas. Meski dianggap tak memiliki kegunaannya, ternyata batang pisang juga memiliki manfaat bila dikonsumsi, seperti kadar gula yang rendah, sehingga bisa mencegah diabetes, atau juga dipercaya bisa menjadi obat diare.

Nah, kamu pasti penasaran kan, kira-kira pohon pisang bisa diolah menjadi hidangan apa saja? Berikut 4 makanan lezat yang bisa diolah dari pohon pisang, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (20/1).


1. Rujak Batang Pisang.

pohon pisang © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Rusak Batang Pisang sendiri memang cukup langkah di Indonesia, pasalnya makanan ini cukup laris di Thailand dan India. Namun tak hanya berisikan batang pisang saja, biasanya rujak ini diberi tambahan tomat, buncis, udang kering dn cabe rawit sehingga membuat cita rasanya makin segar.


2. Sayur Ares.

pohon pisang © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@andirakitchen


Sayur Ares merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di Lombok. Daerah Lombok bahkan sudah menjadikan sayur Ares sebagai makanan khas daerah tersebut.

Makanan ini terbuat dari batang pisang yang masih muda. Selain itu makanan ini dicampur dengan santan dan cabai rawit sehingga membuat cita rasanya jadi pedas dan gurih.


3. Pa Piong Bura (Ayam Batang Pisang).

pohon pisang © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Sama halnya dengan sayur Ares, Pa Piong Bura merupakan makanan khas Tanah Toraja. Makanan ini biasanya selalu ada dalam acara adat di Toraja dengan campuran ikan, daging babi, atau daging ayam.

Pa Piong biasanya dimasak dengan bumbu dengan cara dibakar setengah matang dan diberi parutan kelapa, namun bisa pula dimasak digoreng sesuai selera.


4. Kerupuk Bopi.

pohon pisang © 2018 brilio.net

foto: istimewa


Di daerah kabupaten Bojonegoro, ada sekelompok orang yang mengubah batang pisang menjadi kerupuk. Kerupuk Bopi sendiri merupakan salah satu kerupuk yang sehat untuk dikonsumsi, pasalnya kerupuk ini rendah kolesterol.  Bahkan makanan ini kini menjadi salah satu khas Desa Kandangan, Trucuk, Bojonegoro.

 

 

RECOMMENDED

 

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    88%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    13%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Jangan dibuang, pohon pisang ternyata bisa diolah jadi 4 makanan lezat.
Tak cuma lezat tapi juga berkhasiat untuk kesehatan.
https://brilicious.brilio.net/unik/jangan-dibuang-pohon-pisang-ternyata-bisa-diolah-jadi-4-makanan-lezat-1801195.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP