Brilio.net - Kentang goreng merupakan salah satu makanan yang digemari seluruh masyarakat dunia. Meski memiliki kadar karbohidrat yang cukup tinggi, namun kentang goreng justru dijadikan camilan untuk sebagian orang.

Salah satu kentang goreng yang paling enak dan terkenal dari gerai cepat saji adalah kentang goreng McDonald's atau lebih sering dikenal dengan McD. Tapi tahukah kamu, bahwa kentang goreng di McDonald's ini memiliki bumbu rahasia, sehingga rasanya berbeda dari tempat lainnya?

Dilansir brilio.net dari laman The Independent, Sabtu (22/7), resep rahasia yang ditambahkan dalam semua kentang goreng McD adalah 'perasa sapi alami'.

Di dalam situs perusahaan itu, rasa yang didaftar tersebut mengandung gandum dan susu, yang keduanya sudah terhidrolisa sebagai bahan pemula. Saat proses hidrolisasi gandum dan susu, protein dipecah dengan air dan rasa umami yang dihasilkan akan menambah rasa daging ke dalam kentang goreng.

Proses awalnya adalah McD memilih kentang utuh terbaik lalu dikupas, potong, digoreng sebagian dan dikemas, sebelum kemudian dikirim ke gerai-gerainya. Kentang-kentang itu digoreng terlebih dahulu di pabrik dan digoreng ulang di cabang restoran masing-masing.

"Setelah kentang dipotong, kami memasukkannya ke alat kelantang untuk menghilangkan gula alaminya," ujar Mario Dupuis, manajer produksi dari McCain yang menyuplai kentang untuk McDonald's Kanada.

Setelah dikelantang, lanjut Dupuis, kentang akan ditambahkan cairan dekstrosa untuk mendapatkan lapisan yang bagus seperti yang terlihat di restorannya. McD juga menambahkan sebuah bahan ke dalam potongan kentang mereka untuk mencegah kentang berubah warna selama proses ini.

Perusahaan ini juga berjanji hanya menggunakan telur dari ayam yang tidak dimasukkan ke kandang sebelum tahun 2015. Kini mereka sudah membuat alat makan yang bisa didaur ulang di 1.400 cabang restorannya.

Bahan lain yang digunakan di dalam kentang goreng itu juga meliputi asam sodium pirofosfat untuk menjaga warnanya, ditambah minyak kedelai terhidrogenasi, dan garam untuk mengangkat rasa umaminya.

RECOMMENDED

Loading...