Brilio
Discover the best food

Ini dia makanan khas Wakatobi sajian para raja

Unik

Ini dia makanan khas Wakatobi sajian para raja

Bahkan makanan tersebut pun punya nilai historis tersendiri, lho.

Home » Unik

03 April 2017 20:32, Syifa Fauziah

Brilio.net - Kalau bicara soal makanan khas Indonesia memang tidak ada duanya, dari Sabang hingga Merauke memiliki kuliner khas masing-masing di setiap daerah. Keunikan dan cita rasa yang khas dengan bumbu rempah menggoda jadi salah satu identitas makanan Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak makanan Indonesia yang belum dikenal masyarakat luas khususnya di mancanegara.

Salah satu daerah yang juga memiliki kekayaan kuliner adalah Wakatobi. Kalau Wakatobi yang kita tahu hanya destinasi wisatanya yang indah, rupanya makanannya pun tak kalah memiliki kelezatan tersendiri, lho. Apalagi nilai historis dari makanan itu sendiri masih sangat terasa.

"Untuk membantu branding makanan khas Wakatobi, Pemkot setempat sudah memiliki website yang di dalamnya juga menjelaskan kuliner. Ini cukup membantu karena sejauh ini makanan khas Wakatobi belum terdengar," ujar perwakilan dari Akademi Gastronomi Indonesia, Carinta kepada brilio.net di Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu.

Salah satu makanan khas Wakatobi yang memiliki nilai sejarah tinggi adalah sup ikan parende. Ya, daerah yang memiliki kekayaan baharinya ini membuat penduduk setempat menjadikan ikan salah satu sumber makanan mereka.

Carinta menceritakan zaman dahulu yang dipakai untuk membuat sup ikan ini adalah ikan kakap merah. Rupanya, Ikan ini memiliki nilai sejarah tinggi karena harganya mahal, susah didapatkan, dan jika ada nelayan dapat ikan maka hanya diperuntukkan bagi sultan. Ini menjadikan sup ikan parende dianggap sebagai makanan kaum bangsawan.

“Kalau kita bicara sekarang lain cerita karena ikan kakap mudah didapat dan ada di mana saja,” lanjut Carinta.

Makanan khas wakatobi © 2017 brilio.net

Sup ikan parende/foto: Istimewa

Selain sup ikan parende, ada juga kasoami. Kasoami ini merupakan makanan pengganti nasi terbuat dari singkong dan memiliki bentuk kerucut. Rupanya bentuk dari kasoami ini juga memiliki arti, lho.

"Kasoami juga salah satu makanan spesial untuk para sultan. Bentuknya yang kerucut mencerminkan seperti satu persembahan kepada Tuhan, kepada yang diagungkan dan dituakan, bentuk aslinya memang kerucut," tambahnya.

Sementara, untuk camilan khas Wakatobi ini ada karasi. Kue manis ini terbuat dari tepung beras yang dicampur santan. Cara membuatnya pakai batok kelapa yang dilubangi, ini mencerminkan masyarakat yang menggunakan sumber daya alam dengan maksimal.

Makanan khas wakatobi © 2017 brilio.net

Karasi/foto: Istimewa

Sementara itu, pakar kuliner, William Wongso mengatakan bahwa saat ini memang makanan khas Wakatobi belum banyak terekspos, bahkan hanya sedikit kalangan yang mengenal kuliner ini. Ia pun berharap pemerintah bisa melakukan branding agar makanan Wakatobi bisa dikenal seperti makanan-makanan khas daerah lain yang sudah lebih dulu dikenal di mancanegara.

"Lewat berbagai kegiatan seperti festival kuliner, diharapkan akan semakin banyak orang yang kenal makanan khas Wakatobi," tandasnya.

 

RECOMMENDED

 

(brl/tin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Ini dia makanan khas Wakatobi sajian para raja.
Bahkan makanan tersebut pun punya nilai historis tersendiri, lho.
https://brilicious.brilio.net/unik/ini-dia-makanan-khas-wakatobi-sajian-para-raja-170403p.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP