Discover the best food

Unik

Es krim sandwich ini awet dibiarkan 4 hari di halaman, ini penyebabnya

Fakta unik ini akhirnya terpecahkan.

Home » Unik

09 Agustus 2017 04:00, Kurnia Putri Utomo

Brilio.net - Pada umunya es krim tergolong sebagai makanan yang gampang mencair. Oleh karena itu, dia sebaiknya disimpan di kulkas dan hanya dikeluarkan ketika hendak dimakan. Namun ternyata ada es krim yang tidak meleleh meskipun dibiarkan di luar selama empat hari. Kok bisa ya?

Dikutip dari laman Buzzfeed, Selasa (8/8), seorang wanita dari Australia, Mary Salter, menemukan sebuah benda aneh di halamannya yakni es krim. Ternyata cucu Mary sengaja menaruh separuh es krim sandwhich agar dimakan hewan. Es krim tersebut sudah empat hari di halaman dengan suhu 26 derajat Celsius. Uniknya, tidak ada lelehan es krim sandwhich itu dan tidak juga dikerumuni semut.

Melihat hal itu, Mary memfoto es krim tersebut dan mengunggahnya ke laman facebook. Hal ini tentu menjadi viral. Berkat unggahan Mary, akhirnya didapatkan jawaban dari salah seorang netizen yang mengerti proses ilmiah di balik tidak mencairnya es krim.

Ternyata es krim sandwhich memang diolah sedemikian rupa sehingga memperlambat proses meleleh di tangan. Salah satu caranya yakni memadatkan tekstur krim. Selain itu ada semacam cairan madu yang mampu memperlambat proses pelelehan tersebut.

Percobaan pun dilakukan untuk membuktikannya. Es krim sandwhich ditunggu hingga meleleh. Ternyata ketika es krim mulai meleleh, akan keluar cairan kuning. Cairan tersebut ternyata zat dalam krim yang merembes keluar. Setelah cairan kuning keluar semua, yang tertinggal dari krim hanyalah busa padat putih yang utuh. Busa padat tersebut tetap bertahan selama empat hari dan tidak berubah bentuk.

Nah, begitu penjelasan es krim sandwhich tidak meleleh meskipun dibiarkan di halaman selama empat hari. Kamu sekarang nggak bingung lagi.

RECOMMENDED

 

(brl/fen)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP