Brilio.net - Pare adalah salah satu sayur yang cukup terkenal di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sayur satu ini memiliki bentuk lonjong dan bergerigi, serta rasa relatif pahit. Walaupun begitu, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain bisa melancarkan alat pencernaan, mengatasi diabetes, meningkatkan imun, dan masih banyak lagi.

Sayur yang biasa tumbuh di daerah dengan iklim tropis ini memiliki julukan masing-masing di berbagai daerah. Seperti di Jawa Barat, pare disebut dengan paria, sementara di Sumatera dijuluki sebagai pepare. Berbeda lagi dengan di Eropa Barat, pare biasa disebut sebagai bitter melon.

Untuk dapat mengonsumsi pare, biasanya sayur ini diolah dengan berbagai macam cara. Di Indonesia sendiri, biasanya pare dihidangkan sebagai sup maupun tumisan sebagai pendamping lauk dan nasi. Agar lebih nikmat saat dimakan, pare kerap dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti jagung, udang, cabai, dan lain-lain.

Namun, biasanya rasa pahit pada pare masih begitu terasa saat dimakan, sehingga membuat sejumlah orang enggan untuk mengonsumsinya. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan biar rasa pare tidak pahit, lho. Berikut delapan cara memasak pare agar tidak pahit yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/4).

Loading...

1. Pilih pare dengan kualitas baik.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: Instagram/@sq_squarefood

Tahukah kamu kalau semakin besar ukuran pare, maka semakin pahit pula rasanya? Maka, kamu bisa memilih pare dengan ukuran kecil atau sedang. Selain itu, pare dengan warna hijau tua biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit jika dibandingkan dengan pare yang berwarna hijau muda.

2. Balur dan remas pare dengan garam.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebelum dimasak, kamu bisa melakukan cara ini terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Yaitu dengan membelah pare menjadi dua dan bersihkan pare dari biji dan selaput putih yang menempel pada daging buahnya. Kemudian, iris pare sesuai selera dan balurkan dengan garam. Remas-remas pare sampai layu dan bilas dengan air untuk dapat dimasak.

3. Balur dan remas pare dengan gula.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain dengan garam, cara untuk menghilangkan rasa pahit pada pare juga bisa menggunakan gula. Caranya pun sama persis dengan garam. Kamu tinggal pilih sesuai bahan apapun yang ada di rumah, gula maupun garam bisa dimanfaatkan sebelum dapat memasak sayur pare kesukaanmu.

4. Rebus dengan cuka, garam, dan gula.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: Instagram/@alline.garden

Cara lain yang mudah untuk mengurangi rasa pahit pada pare yaitu dengan cara merebusnya. Kamu cukup merebus potongan pare dengan 1 gelas cuka dan masing-masing 2 sendok makan garam dan gula. Rebus sebentar saja kurang lebih selama 2 menit, tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera.

5. Rebus dengan daun jambu biji.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun jambu biji bisa membantu untuk menetralisir rasa pahit yang dimiliki oleh pare. Sebelum memasak pare, kamu dapat merebusnya terlebih dahulu bersama dengan beberapa lembar daun jambu biji sekitar 5 menit. Kemudian dapat diangkat dan jangan lupa bilas potongan pare terlebih dahulu sebelum dimasak.

6. Rebus dengan tanah liat.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: Instagram/@keisha_my.family.and.me

Selain dapat direbus dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, tanah liat juga bisa dimanfaatkan, lho. Kamu hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk merebus potongan pare bersama tanah liat. Tanah liat yang digunakan pun tidak perlu terlalu banyak, secukupnya saja sudah sangat efektif untuk bantu menghilangkan rasa pahit pada pare.

7. Mencampurnya dengan makanan asin atau manis.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: Instagram/@japanculturenyc

Cara lainnya agar pare tidak lagi memiliki rasa pahit adalah dengan mencampurnya dengan makanan asin maupun manis saat dimasak. Misalnya, saat kamu ingin membuat pare menjadi tumisan, kamu bisa menambahkan berbagai bahan seperti ikan dan kecap asin, atau kamu juga bisa kombinasikan dengan jagung. Sebab, jagung cenderung memiliki rasa manis yang dapat menetralisir rasa pahit pada pare.

8. Masak bersama telur orak-arik.

cara memasak pare agar tidak pahit © berbagai sumber

foto: Instagram/@lindous_secret_garden

Telur dapat membantu untuk mengurangi rasa yang terlalu tajam, seperti rasa pahit sayur pare. Salah satu alternatifnya adalah dengan memasak telur secara orak-arik yang kemudian dicampurkan dengan potongan pare. Tambahkan juga bumbu-bumbu sesuai selera agar masakan menjadi lebih nikmat.

RECOMMENDED