Discover the best food

Unik

6 Negara ini ternyata juga punya kuliner lumpia seperti Indonesia

Awas laper!

Home » Unik

06 Desember 2017 19:26, Nisa Akmala

Brilio.net - Selain mewarisi kekayaan budaya yang melimpah, Indonesia juga punya beragam makanan khas yang kelezatannya sudah diakui dunia. Sebut saja rendang yang beberapa kali tercatat sebagai makanan terenak dunia, selain itu masih ada sate dan nasi goreng.

Tak hanya makanan berat yang menjadi primadona di dunia kuliner, makanan ringan yang satu ini bahkan sudah terkenal hingga seluruh Asia, Amerika dan Eropa. Makanan tersebut adalah lumpia atau loenpia yang bisa kamu temukan di beberapa daerah di Indonesia seperti Semarang, Yogyakarta, Klaten dan Bandung.

Makanan ringan berisi sayuran dan daging yang dibalut kulit tipis ini merupakan resep yang berakar dari Tionghoa dan disajikan dalam bentuk kering dan basah. Tapi tahukah kamu, selain Indonesia 6 negara ini ternyata juga memiliki lumpia?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/12), berikut deretan lumpia dari berbagai macam negara di dunia:


1. Popiah - Malaysia & Singapura.

foto: thesmartlocal.com


Kedua negara tetangga Indonesia ini mempunyai lumpia yang disebut popiah. Lumpia ini disajikan basah dan kering dengan isian bengkuang, telur orak-arik, tahu, tauge dan udang rebus. Untuk lebih memanjakan lidah, popiah biasanya juga disajikan bersama beragam saus seperti kecap, belacan atau saus hoisin.


2. Cha Gio dan Goi Cuan - Vietnam.

cha gio - foto: Instagram/@vsaloyola


Lumpia yang mempunyai kulit sedikit tebal dengan isian soun, jamur kuping, ubi dan wortel dari Vietnam ini populer di Eropa. Cha gio biasanya dimakan dengan balutan daun selada dan dibubuhi dengan saus asam manis dan daun mint.

goi cuan - foto: linsfood.com


Selain cha gio, ada juga lumpia Vietnam bernama goi cuan. Lumpia ini disajikan basah dengan isian sayur-sayuran mentah, bihun tawar, timun, selada, mint, daging babi kukus dan udang rebus dibalut kulis tipis basah yang terbuat dari beras.


3. Lumpiang Turon - Filipina.

foto: paulaq.com


Lumpia asal Filipina ini biasanya berisi buah pisang atau nangka. Turon disajikan dengan taburan gula halus atau disiram madu sehingga menghasilkan rasa manis.


4. Chungwon - Korea Selatan.

foto: cookingina.co


Makanan yang sering disajikan sebagai menu pendamping ini berisi soun dan beberapa jenis jamur. Chungwon biasanya dibumbui dengan kecap, gula merah dan saus tiram kemudian digoreng. Hmmm, kebayang nggak enaknya seperti apa?


5. Chiko Roll - Australia.

foto: thebordermail.com


Lumpia yang memiliki kulit setebal risol ini merupakan produk restoran cepat saji yang dikreasikan oleh Frank McEncroe. Chiko roll berisi tumisan kol, barley, wortel, buncis, daging sapi, lemak sapi, sereal gandum, seledri dan bawang.


6. Egg Rolls - Amerika Serikat.

foto: Instagram/@fivesensebora


Jenis lumpia ini sangat populer di Amerika. Egg rolls memiliki kulit yang terbuat dari tepung gandum dan telur serta isian kol, irisan daging babi panggang dan wortel. Biasanya egg rolls selalu disajikan dengan saus asam manis atau saus bebek peking serta mustard sebagai pelengkap.

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

6 Negara ini ternyata juga punya kuliner lumpia seperti Indonesia.
Awas laper!
https://brilicious.brilio.net/unik/6-negara-ini-ternyata-juga-punya-kuliner-lumpia-seperti-indonesia-1712061.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP