Brilio.net - Jadi, kalau kamu seorang petualang dan pemberani, kamu harus banget berangkat ke Jepang, dan menyicipi makanan antimainstream ini. Jepang memang punya banyak banget makanan antimainstream, tapi kalau makanan itu disajikan mentah begitu saja, kamu doyan? Makanan-makanan yang disajikan mentah tersebut tak hanya mentah, tapi juga menjadi makanan paling populer di Jepang sana lho. Masyarakat Jepang gemar mengonsumsi makanan-makanan ini baik di waktu sarapan, atau bahkan di acara makan malam bersama orang spesial. Apa saja sih makanannya?

Yuk, intip makanan-makanan di Jepang yang populer tapi disajikan mentah berikut ini yang dirangkum brilio.net dari rocketnews24.com, Minggu (5/3).

1. Hati sapi mentah.

Makanan Mentah Populer Jepang © 2017 brilio.net

Loading...

Menu hati sapi mentah dilarang di jual di restoran pada tahun 2012 setelah lima orang terjangkit E. coli dan meninggal karena mengonsumsi daging sapi mentah yang disajikan di barbeque restoran bergaya Korea, yang bernama Ebisu. Setelah itu, seperti tak kapok, meskipun hati sapi mentah di larang, restoran di Jepang banyak yang kemudian beralih menjual hati babi mentah di menu mereka, namun kemudian juga dilarang pada tahun 2015. Meskipun demikian, banyak restoran di sana yang menjual menu ini dengan sembunyi-sembunyi.

2. Habushu.

Makanan Mentah Populer Jepang © 2017 brilio.net

Habushu adalah anggur ular yang berasal dari salah satu daerah di Jepang, Okinawa. Hanya dengan berjalan melalui ibukota Naha, kamu akan dapat melihat habushu dijual di jendela-jendela toko di sana. Uniknya, setiap toko yang menjual minuman beralkohol, pasti juga menjual minuman yang satu ini. Minuman ini ditempatkan pada botol Awamori (anggur beras Okinawa) dengan ular yang seperti measih hidup di dalamnya.

3. Telur mentah.

Makanan Mentah Populer Jepang © 2017 brilio.net

Orang Jepang juga senang mengonsumsi telur yang benar-benar masih mentah. Meskipun risiko keracunan salmonella melalui telur mentah sangat rendah, namun tetap tergantung dengan jenis telur yang dimakan. Telur mentah di Jepang ini biasanya disajikan bersama Tsukimi udon yang masih panas, atau juga disajikan di atas nasi panas.

4. Suzumebachi.

Makanan Mentah Populer Jepang © 2017 brilio.net

Suzumebachi adalah salah satu jenis lebah pembunuh di Jepang. Serangga ini bisa dibilang serangga pembunuh paling menakutkan di Jepang. Namun, orang Jepang senang mengonsumsi hewan yang juga disebut sebagai lebah beracun ini karena percaya akan kandungan nutrisinya.

5. Shirako.

Makanan Mentah Populer Jepang © 2017 brilio.net

Shirako adalah makanan yang diambil dari bagian tubuh hewan yang tak lazim dikonsumsi yang bisa kamu temui di banyak restoran Jepang dan Sushi Bar. Makanan ini mirip dengan usus sapi bentuknya, dan dihidangkan di atas piring. Bahan bakunya bagian kelamin ikan jantan dan kantung yang berisikan sperma ikan tersebut.

RECOMMENDED