Brilio
Discover the best food

5 Kuliner khas di Penajam Paser Utara, ibu kota baru Indonesia

Unik

5 Kuliner khas di Penajam Paser Utara, ibu kota baru Indonesia

Penajam Paser Utara memiliki ragam kuliner khas.

Home » Unik

26 Agustus 2019 21:01, Weni Arfiyani

Brilio.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan ibu kota baru pengganti DKI Jakarta pada Senin (26/8). Setelah sebelumnya mengumumkan bahwa ibu kota negara akan pindah ke Pulau Kalimantan, kini Presiden Jokowi mengumumkan secara resmi bahwa ibu kota baru berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kedua kabupaten tersebut terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara terkenal dengan ragam budaya yang khas. Selain itu, keindahan alam dua kabupaten di timur Kalimantan ini juga memanjakan mata. Banyak pepohonan hijau yang rindang, apalagi Kalimantan dikenal memiliki banyak hutan hujan tropis. Selain itu, kabupaten ini juga berbatasan dengan laut yang semakin menambah keindahan wisatanya.

Tapi nggak cuma budaya dan sumber daya alam saja yang menjadi daya tarik kabupaten ini, Penajam Paser Utara juga memiliki ragam kuliner khas yang siap memanjakan lidah. Kalau kamu sedang melakukan perjalanan atau berwisata ke kabupaten ini, kamu wajib mencoba beberapa kuliner khas di sana.

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/8), 5 kuliner khas di Penajam Paser Utara, Ibu Kota baru Indonesia.

1. Jenderal Mabok

kuliner paser utara © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@fiqhiwahab55

Kalau kamu berkunjung ke Penajam Paser Utara, kamu wajib banget untuk mencoba kue hijau yang satu ini. Kue yang diberi nama Jenderal Mabok ini terbuat dari susu, telur dan gula. Teksturnya cenderung lunak dan cocok banget buat camilan. Kue ini juga sangat diburu saat bulan Ramadan.

2. Cimi-cimi

kuliner paser utara © 2019 berbagai sumber

foto: cookpad.com

Ada camilan khas Paser yang wajib kamu coba. Camilan tersebut yakni Cimi-cimi. Makanan ringan yang satu ini terbuat dari tepung terigu dan telur. Camilan berbentuk pipih dan panjang-panjang ini bisa jadi teman minum teh lho.

3. Ponta

kuliner paser utara © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@aispaser

Ponta yakni singkatan dari Podangan Ketan. Makanan ini dibuat dari ketan yang masih muda dan diolah dengan cara disangrai hingga matang lalu didinginkan. Ponta ini biasanya dinikmati dengan tambahan gula merah dan serutan kelapa.

4. Gula Jengkol

kuliner paser utara © 2019 berbagai sumber

foto: YouTube.com/Channel Perkebunan

Kalau kamu berkunjung ke Paser kamu juga wajib bawa oleh-oleh berupa gula jengkol nih. Gula jengkol ini merupakan gula merah yang dicetak dengan cetakan yang bentuknya mirip jengkol. Gula yang unik ini bisa kamu temukan di Penajam Paser Utara.

5. Dampo Durian

kuliner paser utara © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@nanikoe

Dampo durian ini terbuat dari buah durian yang dipanaskan di atas bara api. Sekilas penampakannya memang mirip dodol durian, namun dampo durian ini dibuat tanpa bahan tambahan apapun. Jadi kamu bisa merasakan rasa durian yang otentik.

 

RECOMMENDED

(brl/guf)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

5 Kuliner khas di Penajam Paser Utara, ibu kota baru Indonesia.
Penajam Paser Utara memiliki ragam kuliner khas.
https://brilicious.brilio.net/unik/5-kuliner-khas-di-penajam-paser-utara-ibu-kota-baru-indonesia-1908266.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP