Brilio
Discover the best food

5 Fakta unik tempe ini bikin kamu berfikir ulang buat meremehkannya

Unik

5 Fakta unik tempe ini bikin kamu berfikir ulang buat meremehkannya

Selama ini tempe dianggap makanan kelas dua.

Home » Unik

23 Maret 2018 15:33, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Sebagai orang Indonesia pasti kamu sudah tidak asing lagi dong dengan makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai ini? Ya, tempe memang merupakan salah satu makanan asli dari Indonesia.

Namun sayangnya, makanan yang biasa disajikan dengan tahu ini masih sering dianggap remeh oleh banyak orang di negeri asalnya sendiri. Padahal tempe memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh. Bahkan tempe juga dikenal sebagai jenis makanan sehat yang mempunyai protein tinggi dan daya cerna yang bagus.

Tidak hanya kandungannya saja yang sehat, saat ini tempe juga sudah dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai negara. Keunggulan yang dimilikinya dapat membuat tempe menjadi makanan yang mendunia. Bahkan kini sudah banyak ditemukan pabrik tempe di luar negeri yang memproduksi dan menjual tempe.

Selain sehat ternyata tempe juga memiliki beberapa kelebihan lainnya, apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya yang brilio.net lansir dari travelingyuk.com, Jumat (23/3).

1. Dulunya makanan kerajaan.

5 fakta unik tempe © 2018 Istimewa

foto: spicetrekkers.com

Buat yang suka menganggap tempe adalah makanan murahan, kamu salah besar nih. Ternyata dulunya tempe merupakan makanan yang hanya khusus disajikan untuk keluarga para raja di Indonesia pada Abad ke-18. Fakta tentang hal ini didokumentasikan dalam salah satu kitab Jawa Kuno yaitu Serat Centhini.

Istilah tempe sendiri dipercaya berasal dari kata tumpi dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti mekanan berwarna putih dan dibuat dari tepung sagu. Serat Centhini yang dibuat oleh juru tulis Keraton Surakarta, R Ng Ronggo Sutrasno pada 1814, menyebutkan bahwa Cebolang pernah menyantap hidangan tempe saat mengunjungi Pangeran Bayat.

2. Kandungannya kalahkan daging.

5 fakta unik tempe © 2018 Istimewa

foto: epicurious.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempe mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan tempe memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibanding daging ayam dan kambing. Ditambah, kandungan lemak pada tempe juga lebih sedikit. Makanan yang biasa disajikan dengan digoreng ini juga mengandung banyak gizi berguna seperti karbohidart, kalsium, zat besi, vitamin A dan fosfor. Jadi masih ragu untuk makan tempe?

3. Dapat mengatasi beberapa penyakit.

5 fakta unik tempe © 2018 Istimewa

foto: onegreenplanet.org

Tingginya kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada tempe, tidak mengherankan jika makanan ini dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit. Mengonsumsi tempe sangat baik bagi mereka yang mengalami kekurangan gizi. Bukan hanya itu, adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe menjadikannya memiliki manfaat yang baik untuk masalah pencernaan seperti mencegah diare serta dapat menyembuhkan penyakit hiperkolesterol dan hiperglikimia.

4. Harga yang sangat mahal di luar negeri.

5 fakta unik tempe © 2018 Istimewa

foto: healthyhubb.com

Untuk mendapatkan satu blok tempe di Indonesia biasanya hanya akan mengeluarkan uang antar Rp 3.000 sampai Rp 8.000 saja. Murah sekali bukan? Namun ternyata di luar negeri seseorang yang ingin menikmati kelezatan makanan sehat ini dengan merogoh kocek yang cukup dalam. Seperti di Amerika Serikat, tempe dijual sampai $10 atau sekitar Rp 100 ribu dan di Inggris tempe dibanderol dengan harga 10 pound sterling atau sekitar Rp 200 ribu per kilogramnya.

5. Mulai mendunia.

5 fakta unik tempe © 2018 Istimewa

foto: indonesia-osaka.org

Sama seperti yang sudah dikatakan tadi, kini tempe sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat di luar Indonesia. Di belanda saja, saat ini diperkirakan sudah ada sekitar 50 pabrik yang memproduksi tempe. Selain itu, di Jepang ada seorang warga Indonesia bernama Rustono yang sukses membangun pabrik tempe. Produk buatannya yang dikemas dengan merk Rusto's tempe ini bahkan kabarnya sudah diekspor hingga ke Meksiko, Korea dan Brasil lho. Ada juga seorang wanita asal Perancis, Ana Larderet yang membuaka usaha produksi tempe karena langsung jatuh cinta dengan tempe setelah pertama kali memakannya.

 

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    63%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    38%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

5 Fakta unik tempe ini bikin kamu berfikir ulang buat meremehkannya.
Selama ini tempe dianggap makanan kelas dua.
https://brilicious.brilio.net/unik/5-fakta-unik-tempe-ini-bikin-kamu-berfikir-ulang-buat-meremehkannya-180323f.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP