Brilio
Discover the best food

5 Dessert ketan hitam kekinian, bahan tradisional bercita rasa modern

Unik

5 Dessert ketan hitam kekinian, bahan tradisional bercita rasa modern

Kreasi dari ketan hitam yang pastinya akan memanjakan lidah.

Home » Unik

26 April 2018 07:03, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Bubur ketan hitam merupakan salah satu dessert khas dari Indonesia. Bubur bercita rasa manis ini terbuat dari beras ketan hitam yang direbus dengan sejumlah air hingga lembut dan biasa disajikan dengan santan. Makanan penutup ini dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat bubur ketan hitam adalah beras ketan hitam, gula merah, daun pandan dan santan kelapa. Penggunaan santan dimaksudkan untuk mengurangi kelengketan dari beras ketan yang sudah direbus.

Ketan hitam sendiri sebenarnya merupakan varian lain dari beras ketan. Beras ketan merupakan salah satu bahan penting yang sering kali digunakan pada berbagai resep masakan Indonesia. Selain itu ketan hitam juga diketahui mampu mencegah diabetes, kaya antioksidan dan mempunyai sifat anti-inflamasi.

Kini ketan hitam tidak hanya disajikan dalam bentuk bubur saja, sudah banyak kreasi dari ketan hitam yang pastinya akan memanjakan lidah siapa saja yang mencobanya. Nah berikut 5 dessert ketan hitam kekinian yang dilansir brilio.net dari qraved.com, Kamis (26/4).

1.  Tart ketan item.

5 Dessert ketan hitam © 2018 Instagram

foto: Instagram/@benedictjakarta


Ya, sekarang kamu bisa mencicipi gurihnya ketan hitam dalam bentuk cake yang menggoda. Untuk menikmatinya kamu bisa mendatangi toko kue Benedict yang ada di daerah tempat tinggalmu. Nggak cuma ketan hitam saja, kamu juga akan disuguhkan kelapa dan pie crust dalam satu gigitannya. Hmmm kebayang dong enaknya gimana?

2. Ketan Nutella Smores.

5 Dessert ketan hitam © 2018 Instagram

foto: Instagram/@hatchijkt


Kalau menu ketan hitam yang satu ini sudah dibuat kekinian banget nih. Gimana nggak? Dessert dari restoran Hatchi ini mengkolaborasikan ketan hitam, Nutella dan marshmallow yang pastinya bakal menggoyang lidah kamu.

3. GIOI black rice pudding.

5 Dessert ketan hitam © 2018 Instagram

foto: Instagram/@gioijakarta


Mungkin kamu sudah pernah mencicipi mango sticky rice dari Thailand tapi kalau black rice puding sudah perbag belum? Salah satu menu dari restoran GIOI yang terletak di kawasan Senopati, Jakarta ini memadukan ketan hitam, es  krim vanila, saus mangga dan kuah santan yang kental. Gimana? Bikin ngiler nggak tuh?

4. Ketan hitam roll cake.

5 Dessert ketan hitam © 2018 Instagram

foto: Instagram/@missnomnomdotcom


Ketan hitam kini jua bisa kamu nikmati dalam bentuk roll cake yang empuk dan lezat. Dijamin kamu bakal merasakan ketan hitam dalam sensasi yang berbeda dari biasanya. Nah kalau kamu penasaran dan ingin mencicipi dessert ketan hitam ini bisa ditemukan di Monsy Fluff.

 5. Tang Yuan Asian Dessert.

5 Dessert ketan hitam © 2018 Instagram

foto: Instagram/@tangyuanasiandesserts
 

Kalau ingin mencicipi ketan hitam dalam bentuk kuliner yang menyegarkan, maka kamu bisa mengunjungi Tang Yuan Asian Dessert di kawasan Tanjung Duren, Jakarta. Soalnya tempat makan tersebut menawarkan ketan hitam yang dipadukan dengan grass jelly, pudding. mochi, kacang merah, susu kedelai dan tentunya es krim dalam satu mangkuk.


RECOMMENDED

(brl/guf)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    38%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    46%

  • Sedih

    8%

  • Marah

    8%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

5 Dessert ketan hitam kekinian, bahan tradisional bercita rasa modern.
Kreasi dari ketan hitam yang pastinya akan memanjakan lidah.
https://brilicious.brilio.net/unik/5-dessert-ketan-hitam-kekinian-bahan-tradisional-bercita-rasa-modern-1804252.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP