Brilio
Discover the best food

4 Kuliner hewan ekstrem ini masih gerak saat disajikan, berani coba?

Unik

4 Kuliner hewan ekstrem ini masih gerak saat disajikan, berani coba?

Makanan ini biasa dijumpai di Jepang dan Korea Selatan.

Home » Unik

22 Maret 2018 17:33, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih terbiasa menikmati makanan yang disajikan dalam keadaan sudah matang sempurna. Tentunya ini tidak terlepas dari hidangan kuliner Tanah Air yang memang lebih banyak menjual daging dengan kematang yang merata. Tak terkecuali pada ikan dan seafood.

Akan tetapi hal yang berbeda justru banyak dijumpai di negara lain. Dimana pada beberapa negara seperti Jepang dan Korea, sebagian kuliner ada yang disajikan dalam keadaan setengah matang atau bahkan masih benar-benar mentah, terutama kuliner seafood.

Berbeda dengan Korea Selatan yang menyajikan menu kuliner gurita segar yang dimakan hidup-hidup. Beberapa kuliner ini disajikan dengan menggunakan hewan yang sudah mati, namun tetap masih bergerak setelah diberi kecap asin atau garam.

Menurut Charles Grisham, Professor Kimia dari Universitas Virginia yang dilansir dari Huffington Post, hal ini dikarenakan oleh kandungan sodium kloride yang terdapat pada garam atau kecap. Kandungan itu dapat membuat tubuh hewan yang sudah mati dapat menerima respon stimulasi.  

Nah biar kamu nggak penasaran, berikut 4 kuliner hewan ekstrem yang masih dapat bergerak saat disajikan seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/3).

1. Sushi hokkigai

Beberapa waktu lalu publik sempat dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan daging kerang pada sushi yang bergerak dan seolah-olah masih hidup. Nah nama sushi tersebut adalah sushi hokkigai.

Hokkigai sendiri merupakan jenis kerang unik yang memang dijadikan menu sushi di restoran bernama Sushiro di Jepang. Kerang tersebut memang sudah mati namun karena sentuhan sumpit yang sudah dibasahi kecap asin membuatnya menjadi bergerak.

2. Kaki katak

Masih karena sebuah video, namun kali ini bukan kuliner seafood melainkan kaki katak. Ya, pada tahun 2009 lalu ada sebuah video yang menunjukkan bagaimana kaki katak yang sudah dikuliti itu masih dapat bergerak. Ternyata hal itu terjadi setelah kaki katak ditaburi garam. Gimana? Berani coba nggak nih?

3. Shrimp sushi

Salah satu restoran di Jepang menyediakan menu shrimp sushi atau udang sushi yang disajikan dalam keadaan mentah. Namun yang menarik dari menu yang satu ini terletak pada bagian kepala udang yang masih bergerak ketika disiram dengan kecap Jepang. Gerakan udang itu seperti orang yang sedang menari-nari.

4. Dancing squid rice bowl

Masih dari negara Jepang, restoran Ikkatei Tabiji yang terletak di Hakodate, Hokkaido ini mempunyai menu andalan yang menyajikan cumi-cumi yang dapat bergerak dan menari-nari di atas mangkuk.

Tapi tenang, cumi-cumi yang dihidangkan sudah dalam keadaan mati kok. Gerakan tersebut terjadi karena reaksi dari kecap Jepang.

RECOMMENDED

(brl/ton)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    63%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

4 Kuliner hewan ekstrem ini masih gerak saat disajikan, berani coba?.
Makanan ini biasa dijumpai di Jepang dan Korea Selatan.
https://brilicious.brilio.net/unik/4-kuliner-hewan-ekstrem-ini-masih-gerak-saat-disajikan-berani-coba-180322h.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP