Discover the best food

Unik

10 Jajanan legendaris Indonesia dari tepung beras, bikin ngiler

Mana kesukaanmu dulu?

Home » Unik

07 Maret 2018 22:03, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Beras bagi masyarakat Indonesia merupakan komoditi yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tentunya hal ini mengingat karena negara Indonesia sebagai salah satu negara agraris, dimana sebagian penduduknya berprofesi di bidang pertanian atau bercocok tanam.

Tak hanya dinikmati dalam bentuk nasi hangat untuk asupan harian, beras juga diolah menjadi tepung yang bertekstur halus dan licin. Tepung beras sendiri adalah tepung yang terbuat dari beras yang dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling.  

Biasanya tepung ini digunakan berbagai kreasi kuliner di Indonesia. Tidak terkecuali sebagai bahan utama pembuatan jajanan-jajanan tradisional khas Tanah Air yang sudah terkenal akan kelezatannya yang bisa membuat siapapun menelan ludah melihatnya.

Nah biar nggak penasaran, berikut 10 jajanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/3).

1. Kue Lapis

foto: resepwow.com

Jajanan pasar yang populer sebagai hidangan ketika arisan atau acara pengajian ini mempunyai tampilan yang menarik dengan lapisan kue berbeda warna. Namun kue ini berbeda dengan kue lapis legit, kue lapis beras mempunyai warna yang lebih transparan dan tekstur kenyal.

Kue ini dibuat dari campuran tepungberas, sagu/tapioka, gula, garam dan santan. Semua bahan ini dicampur menjadi satu dan dikukus dalam panci dandang.

2. Nagasari

foto: selerasa.com

Kue tradisional dari Jawa yang biasa dibungkus dalam daun pisang untuk mendapatkan cita rasa yang lebih sedap. Jajanan pasar dengan rasa manis dan gurih ini terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dnegan santan kelapa murni, gula, garam dan vanili. Sedangkan untuk isian kue nagasari, biasanya diisi dengan pisang kepok.

3. Talam

foto: dapurkobe.co.id

Kue barbahan dasar tepung beras lainnya adalah kue talam. Kue ini adalah jenis kue yang bisa dibuat dengan berbagai bahan seperti, singkong, ubi, abon, labu hingga jagung. Namun demikian, pada dasarnya talam dibuat dari tepung beras, tapioka/sagu, santan dan gula.

4. Putu Ayu

foto: youtube.com

Sesuai dengan namanya, kue ini memang memiliki tampilan yang ayu alias cantik. Putu ayu identik dengan warna hijau dan taburan kelapa parut.

Kue tradisional ini merupakan perpaduan tepung beras, gula, telur, santan dan sari daun pandan-suji. Kue ini memiliki tekstur yang lemut dan agak lembab dengan rasa gurih dan manis dalam satu gigitan.

5. Putu Mayang

foto: dapurmenel.com

Meski sama-sama bernama putu, putu mayang memiliki penampilan yang berbeda dengan putu ayu. Kue yang berasal dari Betawi ini mempunyai tampilan seperti mie dengan siraman kinca, yaitu saus gula merah.

Tampilan jajanan ini semakin menarik dengan warna yang beragam seperti putih, merah muda dan hijau. Putu mayang dibuat dengan mencampurkan tepung beras, sagu/tapioka, santan dan gula. Kemudian direbus hingga kental dan halus.

6. Kue Cucur

foto: keeprecipes.com

Kue basah ini seirng dijadikan cemilan dalam upacara adat di Indonesia. Kue ini mempunyai pinggiran yang bergelombang dan bentuk tengahnya yang menggembung seperti gunung.

Rasanya legit, basah dan khas karena ada sensasi liat dan lumer yang menyatu jadi satu. Kue cucur terbuat dari campuran santan, gula merah, tepung beras, tapioka dan bahan pengembang. Setelah dicampur, adonan kemudian digoreng hingga mekar.

7. Apem

foto: cookpad.com

Kue ini mempunyai bentuk seperti kue serabi dari Bandung. Namun bedanya, kue ini berukuran lebih tebal dan lebih empuk. Kue apem banyak disajikan selama bulan suci Ramadhan.

Ini dikarenakan apem adalah kue khas Arab yakni appam yang kemudian maknanya disadur dari kata "afuan" yang berarti ampunan. Apem terbuat dari tepung beras, telur, gula, tapai, ragi, dan santan.

8. Carabikang

foto: foody.id

Kue ini mempunyai bentuk mekar dan berwarna-warni. Carabikang dibuat dengan tepung beras, terigu, gula, telur, dan santan. Meskipun sama-sama berserat, kue tradisional ini berbeda dengan bika ambon. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut dijamin bakal bikin ketagihan deh.

9. Pancong

foto: kulinernasional.com

Pada awalnya kue ini adalah jajanan khas Betawi. Bentuknya setengah lingkaran dengan tekstur padat tetapi lembut ketika dimakan. Pancong dibuat dengan mencampurkan tepung beras, santan, garam, gula dan kelapa parut.

Kue pancong klasik hanya ditaburi dengan kelapa dan gula pasir. Sedangkan kini kue pancing sudah hadir dalam varian toping kekinian.

10. Kue Mangkok

foto: alchetron.com

Kue mangkok ini merupakan cupcake asli Indonesia lho. Ya, memang sekilas kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan cupcake modern yang biasanya dihias dengan icing. Sejak dulu kue yang terbuat dari tepung beras ini memang tidak pernah dimodifikasi, hanya warnanya saja yang dibuat berwarna-warni.

RECOMMENDED

(brl/ton)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    70%

  • Ngakak!

    5%

  • Wow!

    10%

  • Sedih

    5%

  • Marah

    10%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Jajanan legendaris Indonesia dari tepung beras, bikin ngiler.
Mana kesukaanmu dulu?
https://brilicious.brilio.net/unik/10-jajanan-legendaris-indonesia-dari-tepung-beras-bikin-ngiler-180307o.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP