Brilio
Discover the best food

5 Pasar Ramadan paling legendaris di Indonesia, surganya takjil

Spot Makan

5 Pasar Ramadan paling legendaris di Indonesia, surganya takjil

Penuh takjil yang menggoda.

Home » Spot Makan

30 April 2019 15:05, Fariz Faizul

Brilio.net - Ramadan sebentar lagi, berbagai kesibukan menjelang bulan puasa mulai tampak dari umat beragama Islam. Bicara soal bulan Ramadan, sebagian muslim mengadakan sejumlah acara selama puasa. Salah satu kegiatan yang mencolok di bulan Ramadan adalah sahur dan ngabuburit. Momen tersebut jadi kegiatan yang membekas di bulan puasa.

Selama bulan puasa, beragam warung jajanan tersedia. Banyak yang memilih berburu berbagai menu buka atau biasa disebut takjil. Pasar aneka masakan dan minuman akan hadir di kampung dan trotoar protokol jalan raya. Serba-serbi menu buka puasa membuat orang sering kali kalap. Pasar tersebut tak pernah sepi pengunjung selama Ramadan. Pasar ini biasanya diselenggarakan oleh pihak masjid sekitar dan diselenggarakan setiap tahun.

Namun, tahukah kamu sejak kapan pasar-pasar dadakan penyedia menu takjil dan buka tersebut dimulai? Pasar Ramadan mana saja yang tertua didirikan? Berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (30/4). Yuk kita jelajahi pasar ramadan paling legendaris yang ada di Indonesia!

1. Pasar Sore Kauman.

pasar ramadan legendaris nusantara © 2019 brilio.net

foto:Instagram/@streetfoodstories

Pasar Ramadan ini berada di kawasan Kauman, Yogyakarta. Berbagai hidangan dari mulai jajanan tradisional, minuman segar hingga makanan lezat yang cocok untuk santapan berbuka puasa. Pasar Kauman ini mempunyai makanan khas yang bernama Kicak. Makanan yang terbuat dari ketan dengan campuran kelapa ini hanya bisa didapatkan sepanjang ramadan di Pasar Sore Kauman. Pasar sore ini sudah ada sejak tahun 1970-an, legendaris banget.

2. Pasar Ramadan Benhill.

pasar ramadan legendaris nusantara © 2019 brilio.net

foto:Instagram/@willydaniell

Pasar Ramadhan ini ada di  Jalan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bagi kamu yang dekat dengan lokasi tersebut bisa mampir untuk membeli jajanan bubur kampiun atau kue songkong. Pasar ini telah berdiri sejak 17 tahun yang lalu.


3. Kampung Ramadan Jogokaryan.

pasar ramadan legendaris nusantara © 2019 brilio.net

foto:Instagram/@voilajogja

Sesuai dengan nama tempatnya, kampung Ramadan Jogokaryan diutamakan untuk warga Jogokaryan, Yogyakarta. Acara ini dibawah kendali Masjid Jogokaryan. Semua bisa datang untuk mencoba makanan berbagai macam pilihan. Kampung ini telah berdiri sejak 2009.

4. Pasar Kuliner Mappanyukki.

pasar ramadan legendaris nusantara © 2019 brilio.net

foto:liputan6.com

Pasar ini terletak di Jalan A. Mappanyukki, belakang Gedung Wisma Kalla. Pasar Kuliner Mappanyukki menyediakan berbagai makanan ringan dan minuman segar. Pasar ini dibuka pada pukul 14.00 WITA hingga berbuka puasa. Gelaran ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya.

5. Pasar Ramadan depan Gereja Kupang.

pasar ramadan legendaris nusantara © 2019 brilio.net

foto:kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sajian kuliner sebelum Magrib ini memang sangat unik. Tempatnya ada di lokasi parkir gereja di Kupang, sebuah cerminan toleransi antarumat beragama sangat kuat. Awalnya para pedagang mempunyai masalah perizinan tempat. Namun hal itu tak berlangsung lama, pasar ini buka dengan menyajikan berbagai hidangan takjil dan buka puasa. Acara ini sudah digelar sejak 10 tahun yang lalu.

RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

5 Pasar Ramadan paling legendaris di Indonesia, surganya takjil.
Penuh takjil yang menggoda.
https://brilicious.brilio.net/spot-makan/5-pasar-ramadan-paling-legendaris-di-indonesia-surganya-takjil-190430f.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP