Brilio.net - Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sendi-sendi kehidupan, termasuk sektor pariwisata. Tidak sedikit destinasi wisata yang terpaksa tutup akibat sepi pengunjung. Hal ini pun berdampak pada dunia perhotelan dan restoran sebagai penunjang pariwisata.

Tentu saja kondisi tak bisa dibiarkan yang membuat industri pariwisata perlahan mati. Situasi saat ini membuat FoodieS, media yang dalam dua tahun terakhir menobatkan restoran terbaik di Jakarta dan Bali lewat program Jakarta's Best Eats dan Bali's Best Eats menginisiasi Best Eats Cares.

Jika selama ini FoodieS memberikan penghargaan restoran paling profesional dan obyektif di dua kota tersebut melalui ajang Best Eats, kini formatnya diubah. Melalui Best Eats Cares, FoodieS ingin mendukung, menginspirasi dan mendorong ekosistem food & beverage (F&B) dan perhotelan untuk tetap bertahan di masa sulit seperti sekarang.

Seperti apa Best Eats Cares membantu industri kuliner tetap bertahan di tengah pandemi berikut faktanya.

Loading...

1. Platform membantu perhotelan dan restoran

Foodies © 2020 brilio.net

Best Eats Cares merupakan platform yang merangsang industri F&B untuk tetap mempertahankan semangat mereka di tengah pandemi. Melalui platform ini, FoodieS akan mencari dua restoran terbaik, masing-masing di Jakarta dan Bali. Nantinya kepada dua restoran terpilih masing-masing akan diberikan special food order senilai Rp 150 juta.

“Best Eats Cares muncul dari empati yang timbul atas tantangan kolektif yang tengah kita hadapi sekarang. Dari kesulitan ini, kita semua belajar untuk saling membantu, menopang satu sama lain dan membantu mereka yang sangat membutuhkan,” ujar Jed Doble, penerbit FoodieS.

2. Cukup kirim video 60 detik 

Foodies © 2020 brilio.net

Restoran yang tertarik bergabung wajib mengirimkan video berdurasi 60 detik yang menampilkan restoran mereka, makanan yang akan mereka sajikan, tim beserta konsep kreatif, dan mengapa mereka harus dipilih untuk special food order ini. Restoran terpilih akan menjalani proses  penyaringan dan wawancara virtual dengan panel juri dari pakar kuliner terkemuka.

3. Untuk restoran terdampak Covid-19

Foodies © 2020 brilio.net

Restoran yang tertarik untuk bergabung haruslah berlokasi di Bali atau Jakarta, memiliki izin operasional (saat ini beroperasi dalam kapasitas penuh atau dengan jadwal operasi yang dikurangi), atau restoran yang tutup karena terdampak pandemi Covid-19 (tutup sejak April 2020 hingga saat pendaftaran yang dimulai sejak 5 November 2020). Serta berkemampuan untuk memenuhi special food order, setidaknya 500 porsi makanan siap santap dalam satu hari, dan menyajikan pesanan tersebut dalam rentang waktu satu bulan sejak pemberitahuan. Restoran yang terpilih akan diumumkan pada Live Event, Desember 2020.

4. Donasi untuk tenaga medis 

Foodies © 2020 brilio.net

Food order tersebut tidak hanya membantu restoran yang menang, tetapi  juga akan menciptakan efek positif yang berkelanjutan. Selain mendukung karyawan mereka sendiri, kedua restoran ini akan dapat membayar pemasok dan vendor mereka—yang kemudian mampu mendukung petani, nelayan, produsen, dan pelaku bisnis lainnya.

Selain itu, makanan yang dibuat restoran pemenang ini juga akan disumbangkan ke petugas medis rumah sakit, tenaga  kesehatan, dan masyarakat terdampak yang membutuhkan.

5. Demi ekosistem kuliner

Foodies © 2020 brilio.net

Best Eats Cares juga bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Foodbank Of Indonesia, Student Union of International Class-Universitas Indonesia (STUNICA) dan Crisis Kitchen Bali untuk mendistribusikan donasi makanan tersebut.

Program yang didukung Aqua Reflections ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali industri F&B di Indonesia. Senior Brand Manager, Aqua Reflections, Flora Tobing sangat percaya bahwa insentif ini akan membawa hasil positif bagi ekosistem makanan dan minuman. “Dengan inisiatif ini, kami bangga mendukung FoodieS dalam Best Eats Cares,” ungkap Flora.

RECOMMENDED