Brilio.net - Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang mempunyai banyak penduduk. Banyak sekali penduduk yang bukan warga Jakarta asli kota, yakni perantau. Alasan mereka merantau yakni untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha. Salah satu usaha yang banyak dibuka di Indonesia yakni usaha makanan atau membuka tempat makan.

Saat ini sudah banyak sekali rumah makan ataupun restoran yang tersebar di kota Jakarta, mulai makanan tradisional hingga modern yang kini sudah banyak yang terkenal. Meski banyak tempat makan baru, di Jakarta ada beberapa tempat makan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu yang tidak kalah terkenalnya dengan tempat makan baru.

Tempat makan legendaris Jakarta ini seringkali menjadi kunjungan wajib wisatawan saat berkunjung ke Jakarta. Meskipun sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, tempat makan legendaris ini tetep mempertahankan cita rasa makanan mereka. Tempat-tempat makan ini selalu ramai pembeli mulai dari wisatawan hingga penduduk lokal.

Berikut beberapa tempat makan legendaris di Jakarta yang harus kamu coba, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (2/2).


1. Mie Ayam Gondangdia.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@seada.adanya & Instagram/@jktfoodbang



Buat kamu pecinta mie ayam, kamu harus coba mie ayam yang ada di daerah Gondangdia ini. Tepatnya di jalan RP Soeroso No 36, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarat Pusat.

Loading...

Mie ayam yang sudah ada sejak 1968 ini memiliki cita rasa yang berbeda dibanding mie ayam pada umumnya. Meskipun nama tempat makannya Mie Ayam Gondangdia, tetapi tidak hanya ada menu mie ayam saja. Di tempat ini ada banyak menu makanan yang bisa kamu cicipi juga, namun mie ayamnya tetap yang paling juara.


2. Kwetiau Sapi Mangga Besar78.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@makankalap



Berdiri sejak 1978, tempat makan yang menyajikan chinese food ini mempunyai menu andalan yakni kwetiau. Menu kwetiau andalannya adalah kwetiau siram. Makanan ini mempunyai cita rasa yang lezat ditambah dengan campuran daging sapi yang membuat kwetiau ini semakin enak.

Bertempat di Jalan Mangga Besar No 78 D, Taman Sari, Jakarta Barat, tempat makan ini buka mulai pukul 10.00 hingga 00.00 WIB.


3. Soto Betawi H Ma'ruf.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@manualjakarta & Instagram/@anak.kuliner



Sudah ada sejak jaman penjajahan, soto khas Betawi ini tidak merubah cita rasanya. Jika kamu sedang berkunjung ke Jakarta, tak ada salahnya untuk mencoba soto yang lezat ini.

Bertempat di Jalan Pramuka No 64, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, tempat makan soto khas Betawi ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.


4. Laksa Betawi Assirot.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@riskachang



Kali ini ada tempat makan yang menunya khas Jakarta banget nih, yaitu Laksa. Sudah berdiri sejak 1978, tempat makan ini sangat terkenal dengan Laksanya yang mempunyai cita rasa lezat karena terbuat dari bumbu-bumbu tradisional Indonesia.

Lokasinya cukup mudah dijangkau, yakni di Jalan Assirot No 1, Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Sealatan. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.


5. Gado-gado Bon-bin, Cikini.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@manualjakarta



Buat kamu yang suka dengan sayuran yang disiram saus kacang atau biasa disebut gado-gado, kamu harus coba gado-gado legendaris Jakarta ini. Gado-gado Bon-bin sudah ada sejak 1960.

Meskipun tempatnya kecil bak warung gado-gado pada umumnya, tetapi nama tempat ini sudah terkenal di mana-mana. Cita rasa makanan ini tidak perlu diragukan lagi karena sedari dulu kualitas rasanya tidak pernah berubah.

Beralamat di Jalan Cikini IV No 5, Menteng, Jakarta Pusat, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.


6. Bakmi Gang Kelinci, Menteng.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@jakarta_tourism



Gang Kelinci sudah dikenal masyarakat Indonesia karena ada sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Lilis Suryani dengan judul nama gang tersebut. Selain lagunya yang terkenal, di gang kelinci juga ada sebuah tempat makan yang sangat legendaris lho.

Tempat makan yang legendaris itu yakni Bakmi Gang Kelinci. Tempat makan yang sudah ada sejak 1957 ini selalu ramai pengunjung sampai saat ini. Di sini ada berbagai macam menu dengan bahan dasar mie. Kamu bisa pilih menu favoritmu dan dijamin rasanya enak semua.

Bertempat di Jalan Kelinci Raya No 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat, restoran ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB.


7. Kopi Es Tak Kie.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@indiedo & Instagram/@leogika



Buat kamu pecinta kopi, kamu harus coba kopi legendaris ini. Di tempat ini kamu akan ditawarkan berbagai jenis kopi dan teh. Tempat ini ngehits dan legendaris banget karena sudah ada sejak tahun 1927.

Bertempat di Jalan Pintu Besar, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Kamu bisa menikmati kopi dan teh di sini dari pagi hingga pagi lho, karena tempat ini buka sejak pukul 06.30 sampai 00.30 WIB.


8. Restoran Trio.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hw.detailingstudio



Salah satu restoran yang sudah ada sejak 1947. Restoran ini menyajikan berbagai menu chinese food, kiranya ada sekitar 200 menu makanan yang bisa kamu pilih. Menu yang menjadi favoritnya adalah ayam wud kee, lumpia udang dan gohiong.

Meski namanya restoran, tetapi kamu tidak akan menemukan spot tempat yang Instragamable di sini, tempatnya sangat biasa saja namun kualitas rasa makanannya luar biasa.

Bertempat di Jalan RP Soeroso No 29A, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, restoran ini buka setiap hari dengan dua kali buka, yakni mulai pukul 10.00 -14.00 dan 17.00-21.30 WIB.


9. Bubur Kwang Tung.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bee_vibi



Buat kamu yang suka bubur, kamu bisa mencoba Bubur Kwang Tung ini. Bubur ini menyajikan menu bubur dengan isian yang melimpah dan rasa yang lezat cocok untuk sarapan pagimu. Di tempat ini juga menyajikan menu lainnya seperti nasi goreng dan lainnya.

Bertempat di Jalan Pecenongan No 67, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, bubur legendaris ini bukan 24 jam. Jadi kamu bisa menikmati bubur ini jam berapa saja.


10. Roti Bakar Edy.

Tempat makan legendaris khas Jakarta © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@puntoadjie



Nah, kali ini tempat makanan ringan yang sudah legendaris yakni Roti Bakar Edy. Namun di sini tidak hanya menyajikan roti bakar saja lho, ada menu nasi goreng dan sate ayam juga.

Warung yang sudah berdiri sejak 1971 ini tetap menjaga kualitas rasanya, sehingga bisa menjadi tempat nongkrong yang ngehits sampai sekarang.

Warung roti bakar ini sudah membuka cabang di beberapa titik Jakarta, namun warung pertamanya bertempat di Jalan Raden Patah No 11, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 sampai 23.00 WIB.


Reporter: Nazaroh Awalia

RECOMMENDED