Brilio.net - Sehari-harinya kita tidak dapat terhindar dari cerita mistis yang ada di masyarakat. Tidak hanya rumah atau gedung kosong yang menakutkan, bahkan diberbagai negara bumbu masak yang lezat dan beraroma bisa menyimpat misteri mistis yang sangat kuat.

Masyarakat kuno sering kali memiliki berbagai kepercayaan terhadap bumbu-bumbu dapur yang sering digunakan sehari-hari dalam mengolah makanan. Berikut adalah 10 bumbu dapur dari berbagai negara yang menyimpan kisah mistis nan menakutkan sebagaimana dilansir brilio.net dari Listverse, Minggu (3/4).

1. Garam dan kesaktian menangkal roh jahat.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Berbagai budaya di dunia menyakini bahwa bumbu dapur dengan rasa asin ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengusir roh jahat. Salah satu contohnya dari kebudayaan Eropa yang menyakini bahwa garam dapat menghindarkan seseorang dari makhluk jahat misalnya saja menaburkan garam di depan rumah demi menghindari hantu atau aura negatif masuk ke dalam rumah. Begitu pun kebudayaan Okinawa yang menyakini fungsi yang sama dari garam.

BACA JUGA: 10 Kreasi keren ini berbahan kancing baju, kamu tertarik coba?

Loading...

2. Kentang membantu pembuahan dan mencegah mimpi buruk.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Entah percaya atau tidak bagi masyarakat Skotlandia dan Irlandia kentang memiliki berbagi fungsi yang luar biasa, selain digunakan untuk bahan makanan yaitu sebagai obat. Penduduk Eropa kuno menjadikan kentang sebagai buah mujarab untuk penyakit rematik, kram, bisul, wasir, asma dan sakit tenggorokan. Bahkan bagi masyarakat Amerika Utara, kentang sering disimpan di bawah tempat tidur untuk mempercepat pembuahan setelah melakukan hubungan seks dan mencegah mimpi buruk.

3. Susu sebagai kekuatan feminin.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Kamu termasuk orang yang sering mengonsumsi susu? Tahukah kamu bahwa di balik susu yang kamu konsumsi setiap harinya tersimpan makna mistis yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Keberadaan minuman sehat yang biasanya berasal dari sapi ini diyakini dalam mitologi India melambangkan sebuah kekuatan mistis feminin yang menjadi simbol dari keabadian.

4. Roti dan kemampuan mistisnya menyembuhkan sakit gigi.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Sakit gigi dan roti mungkin tidak ada hubungan. Namun dalam kebudayaan masyarakat Eropa dan Amerika Utara, roti dianggap sebagai makanan yang agung dan memiliki peran yang sangat penting mengobati berbagai penyakit termasuk sakit gigi. Maka jangan heran jika kamu berkunjung ke pedesaan di Amerika Utara dan menemui beberapa masyarakat yang anak-anaknya diberi roti yang telah digigit tikus sebagai obat sakit gigi.
 
5. Tuna sebagai keberuntungan.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Tuna atau cakalang memiliki makna yang sangat sakral bagi nelayan Maladewa. Keberadaan ikan kaya protein ini memiliki sejarah yang panjang untuk kehidupan nelayan di pulau yang indah ini. Mendapatkan tuna di lautan tidak hanya dianggap sebagai ikan biasa melainkan sebuah keberuntungan. Mendapatkan tuna di awal pemancingan diyakini sebagai suatu keberuntungan sepanjang hari.

6. Kubis bersama keberadaan penyihir.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Jenis sayuran yang lezat satu ini justru memiliki cerita mistis yang gelap. Menyimpan kubis di dalam rumah diyakini masyarakat Yunani sebagai roh negatif dan akan mengundang kedatangan penyihir jahat ke dalam rumah. Hal ini membuat kubis tidak pernah di simpan untuk waktu yang lama oleh penduudk Eropa dan langsung diolah.

7. Mentega dan kejahatan iblis.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Menurut cerita rakyat Wexford, Irlandia, keberadaan mentega akan membua orang mudah terpengaruh oleh kejahatan iblis. Bahkan di masyarakat Irlandia diyakini bahwa apabila ada yang meletakkan mentega di depan rumah, maka orang tersebut baru saja memberikan kutukan kepada pemilik rumah.

8. Kacang polong untuk hubungan asmara.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Mitologi masyarakat Eropa kuno menyakini bahwa kacang polong memiliki hubungan yang erat dengan asmara. Suami atau pun istri yang melakukan penghianatan terhadap pasangannya akan diberi makan kacang polong agar dia kembali setia.

9. Lobak sebagai rahasia awet muda.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Kehidupan rakyat Rusia sangat dekat dengan lobak. Lobak menjadi jenis makanan yang sangat didamba-dambakan. Bagi masyarakat Rusia memakan lobak akan memberikan manfaat awet muda. Lobak pun dianggap akan memberikan kekuatan positif yang akan mencegah setiap orang untuk berbuat jahat.

10. Mentimun dan kekuatan kesuburan.

mistis makanan © 2016 brilio.net

Penduduk Jerman dan Pennsylvania menyakini bahwa mentimun adalah makanan yang paling mujarab untuk kesuburan. Melilitkan mentimun ke perut seorang perempuan diyakini akan menambah kesuburan. Bahkan di cerita rakyat Jawa, Indonesia, mengenal cerita rakyat Buto Ijo yang memberikan mentimun ajaib yang akan menghasilkan bayi perempuan yang kemudian dikenal dengan nama Timun Emas.

RECOMMENDED