Discover the best food

Minuman

Nggak cuma diseduh air panas, ini 5 varian kopi dingin yang lagi hits

Kopi dingin rasanya juga nikmat.

Home » Minuman

08 Mei 2018 21:05, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Sama seperti teh, kopi adalah minuman yang digemari banyak orang. Meski memiliki rasa cenderung pahit, namun hal itu tidak mengurangi peminat minuman kopi yang terbuat dari biji dikeringkan ini.

Selain nikmat dan dapat mengurangi rasa kantuk, kopi juga dikenal mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Tentunya hal ini akan berlaku jika kopi dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Biasanya kebanyakan orang menikmati kopi dengan cara menyeduhnya bersama air panas atau hangat. Namun tidak sedikit pula yang lebih senang mengonsumsi kopi dalam keadaan dingin. Apalagi jika mengingat cuaca Indonesia yang terbilang cukup panas.

Diketahui, kopi dingin pertama kali muncul di Amerika pada abad ke-19. Di Indonesia keberadaan kopi dingin sudah ada sejak lama. Akan tetapi beberapa waktu belakangan ini kopi dingin kembali menjadi minuman hits di kalangan anak muda. Seperti 5 varian kopi dingin kekinian berikut ini yang dilansir brilio.net dari pergikuliner.com, Selasa (8/5).

1. Coffee Cube Ice.

foto: johnnylolitas.com

Jenis kopi dingin ini merupakan salah satu minuman kopi kekinian yang cukup mencuri perhatian banyak orang. Bagaimana tidak? Tidak seperti biasanya, coffee cube ice ini menyajikan kopi dalam bentuk yang unik yaitu batu es yang terbuat dari kopi espresso yang kemudian ditambah dengan segelas susu putih dan gula cair. Cara meminumnya dengan cara mencampurkan ketiganya dalam satu gelas dan diaduk hingga rata sebelum diminum.


2. Cold Brew.

foto: makankeliling.com

Cold brew merupakan jenis kopi dingin yang dibuat dengan metode manual brew tapi tidak menggunakan air panas, melainkan menggunakan air bersuhu ruangan. Setelah diseduh, kopi didiamkan dalam lemari es selama semalam lebih. Biasanya cold brew disajikan bersama es batu kotak. Dapat dikatakan jika cold brew mirip dengan infused water, hanya saja bukan buah dan sayur yang digunakan sebagai bahan utamanya, melainkan bubuk kopi.


3. Nitro Coffee.

foto: mumbaifoodie.com

Sajian kopi dingin lainnya adalah nitro coffee. Pembuatan jenis kopi ini tergolong cukup unik karena menggunakan nitrogen yang diinfus ke dalam sajian kopi. Setelah diseduh, nitro coffee akan memiliki gelembung-gelembung busa pada bagian atasnya yang mirip seperti minuman beer. Dibanding dengan cold brew, cita rasa nitro coffe lebih tajam dan lebih manis dengan tekstur yang lebih creamy juga kental.


4. Es Kopi Susu.

foto: eatandtreats.com

Nah kalau jenis kopi dingin yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pasalnya es kopi susu sudah menjadi tren sejak tahun 2017 kemarin. Es kopi susu sendiri umumnya terbuat dari bahan campuran espresso, susu segar, susu kental manis, gula aren dan es batu.


5. Ice Americano.

foto: ninjakitchen.com

Ice Americano merupakan versi dingin dari kopi Americano. Kopi Amricano sendiri adalah jenis kopi yang dibuat dengan cara mencampur espresso dan air dengan perbandingan 1:3. Kopi jenis ini memiliki cita rasa yang sangat kuat dan tidak manis. Sebenarnya ice Americano sudah ada sejak lama, namun minuman kopi dingin masih tetap digemari banyak orang hingga kini.

RECOMMENDED

(brl/fen)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    40%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    40%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    20%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Nggak cuma diseduh air panas, ini 5 varian kopi dingin yang lagi hits.
Kopi dingin rasanya juga nikmat.
https://brilicious.brilio.net/minuman/nggak-cuma-diseduh-air-panas-ini-5-varian-kopi-dingin-yang-lagi-hits-180508a.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP