Brilio.net - Menikmati segelas minuman segar rasanya pas untuk menemani waktu sengggang di siang hari. Ditambah bongkahan es pasti juga akan semakin nikmat. Apalagi kalau kamu bisa sembari bersantai dari pekerjaan yang ada.

Namun, ada baiknya jika minuman yang kamu pilih bukan sekadar menyegarkan namun juga menyehatkan. Minuman yang menyehatkan bisa menjadi investasi kesehatan kamu kelak. Nah maka dari itu perhatikan asupan yang masuk dalam tubuhmu.

Loading...

Perlu kamu tahu dalam minuman yang masuk dalam tubuhmu akan memberikan pengaruh lho. Nggak mau kan kalau ternyata pengaruh buruk yang kamu rasakan? Makanya, daripada nggak jelas mending konsumsi minuman segar yang berbahan alami.

Selain sehat, minuman alami ini juga kaya akan manfaat. Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani proses diet, wajib cobain. Kombinasi ramuan minuman segar ini akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan juga fit. Yuk cobain! Berikut ulasan selengkapnya dalam brilio.net pada Kamis (27/8) dari berbagai sumber.

1. Tomat dan jeruk nipis.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Perpaduan tomat dan jeruk nipis rasanya langsung terbayang dalam otak. Dua bahan makanan ini kaya akan vitamin C. Tomat dan jeruk nipis juga memiliki banyak kandungan air, dijamin deh bikin kamu makin segar.

Tomat memiliki kandungan yaitu vitamin, mineral, dan fitonutrien yang berfungsi melawan diabetes, obesitas, hipertensi, serta penyakit kardiovaskular. Sementara itu, jeruk nipis kaya akan vitamin C, meningkatkan kekebalan, mampu mengatur nafsu makan dan berat badan.

Nah untuk mendapatkan manfaatnya kamu nggak akan kesulitan. Buatlah jus dari 1 cangkir tomat dan tuang ke dalam gelas. Selanjutnya tambahkan air dari perasan setengah buah jeruk nipis. Jangan lupa tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata sebelum diminum.


2. Nanas dan kayu manis.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Perpaduan nanas dan kayu manis juga nggak kalah bikin segar. Karena seperti yang kamu tahu nanas memiliki cita rasa manis asam yang akan melegakan tenggorokanmu. Kombinasi rasa ayu manis juga akan membuat minuman mu menjadi lebih sehat.

Nanas baik untuk pencernaan karena mengandung bromelain, yang merupakan campuran dari banyak enzim. Kandungan ini juga baik untuk mengurangi peradangan, dan mencegah penggumpalan darah.

Adanya kayu manis dapat menurunkan glukosa dalam darah, menekan nafsu makan, hingga meningkatkan tingkat lipid. Cara mengolahnya, kamu perlu membuat jus dari 1 cangkir nanas. Tuang pada gelas, tambahkan bubuk kayu manis, air jeruk nipis, dan garam hitam. Aduk rata, dan siap disajikan.


3. Madu dan jeruk nipis.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ramuan yang satu ini praktis banget untuk dinikmati. Untuk mendapatkan bahannya pun juga nggak susah. Tapi jangan salah, manfaat dari madu dan jeruk nipis sangat banyak lho. Campuran madu dan jeruk nipis dikenal sebagai solusi untuk diet sehat.

Selain itu manfaatnya juga membantu detoksifikasi pada tubuh. Efek baik ini dikarenakan madu mampu mencegah masalah yang timbul di usus, meningkatkan kesehatan jantung, serta berguna untuk mengurangi peradangan.

Sementara itu kandungan jeruk nipis sarat dengan vitamin C, yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, serta membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Untuk menikmatinya, rebus air namun jangan terlalu panas, tambahkan air perasan 1 buah buah jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Aduk hingga rata dan konsumsi selagi hangat.


4. Seledri, cuka apel, dan lada hitam.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jangan sepelekan seledri. Daun yang satu ini nggak hanya sebagai pelengkap masakanmu, namun juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Seledri memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Ditambah Lagi daun hijau ini juga memiliki kalori rendah.

Untuk memaksimalkan proses diet sehat, kamu bisa menambahkan cuka sari apel yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, mengatur gula darah, serta meningkatkan kesehatan jantung. Kamu juga bisa menambahkan lada hitam yang memiliki kandungan piperine dan berguna untuk membantu menurunkan berat badan dengan mencegah proliferasi sel lemak.

Lengkap kan manfaatnya? Yuk buat ramuan ini! Haluskan setengah cangkir seledri, lalu tambahkan segelas air ke dalam blender lalu haluskan kembali. Selanjutnya tuang jus pada gelas dan tambahkan setengah sendok teh cuka sari apel. Terakhir, masukkan lada hitam yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan nikmati ramuan ini.


5. Sirup maple, lemon, dan bubuk cabai.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lemon memang menjadi buah yang kaya manfaat. Rasa segar yang dimilikinya juga ampuh jadi pelepas dahaga. Kandungan vitamin C nya juga berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta membantu melindungi tubuh dari rheumatoid arthritis.

Ditambah lagi di dalam lemon ditemukan Limonoid, senyawa aktif yang juga memiliki sifat antikanker. Manfaat baik dari lemon juga akan semakin lengkap dengan menambahkan sirup maple yang berfungsi untuk membantu pencegahan dari gangguan metabolisme pra-diabetes, meningkatkan fungsi hati, dan menjadi agen pelindung saraf yang sangat ampuh.

Sedangkan bubuk cabai berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu mengurangi berat badan. Siapkan air perasan dari 1 buah lemon, tambahkan 1 sendok teh sirup maple, seperempat sendok teh bubuk cabai, dan sejumput garam. Aduk rata dan nikmati.


6. Pepaya dan bubuk kayu manis.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kayu manis nggak hanya nikmat ketika dicampur dengan nanas, begitu juga saat dicampurkan dengan pepaya. Kamu wajib coba ramuan yang satu ini. Karena pepaya bisa membantu menurunkan berat badan melalui peningkatan pada kesehatan usus dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sedangkan bubuk kayu manis membantu mengatur kadar gula darah, memiliki sifat anti-pembekuan dan anti-mikroba, serta berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Sehingga perpaduan ramuan pepaya dan bubuk kayu manis akan jadi solusi tepatmu untuk mendapatkan tubuh sehat.

Yuk segera haluskan 1 cangkir pepaya, tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis, 1 gelas air dingin, dan haluskan kembali semua bahan itu bersama pepaya. Selanjutnya tambahkan sejumput garam dan aduk rata. Rasakan kesegarannya!


7. Daun mint dan teh hijau.

Ramuan minuman alami untuk diet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau teh memiliki banyak manfaat pada tubuh. Terutama teh hijau yang memiliki kandungan katekin yang disebut epigallocatechin (EGCG) dan berguna untuk membantu menurunkan berat badan dengan memobilisasi lemak.

Nah untuk memaksimalkan proses diet, kamu bisa menambahkan daun mint. Daun ini berguna untuk membantu mencegah gastritis, sindrom iritasi usus besar, memiliki sifat antioksidan, mencegah alergi, dan melindungi dari flu.

Caranya, tambahkan daun mint ke dalam secangkir air kemudian didihkan. Tambahkan daun teh hijau dan diamkan selama 5 menit. Saring dan tuangkan air rebusan ke dalam cangkir. Dan terakhir, aduk sebelum dinikmati. Selamat mencoba!

RECOMMENDED