Brilio
Discover the best food

5 Minuman dingin tradisional khas Bandung, kamu pernah coba yang mana?

Minuman

5 Minuman dingin tradisional khas Bandung, kamu pernah coba yang mana?

Semuanya enak dan menyegarkan.

Home » Minuman

28 April 2018 23:00, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Rasanya hampir semua orang setuju jika Bandung merupakan salah satu surga kuliner di Indonesia. Ya, kota yang dijuluki Paris van Java ini memang memiliki beragam jenis makanan yang menggugah selera.

Beberapa kuliner khasnya bahkan sudah menyebar dan bisa ditemui di berbagai daerah. Sebut saja seperti batagor, seblak, cilok dan masih banyak lagi.

Tidak hanya jenis makananya saja yang digemari banyak orang. Beberapa jenis minuman tradisional dari kota Parahyangan ini juga difavoritkan oleh banyak orang. Terutama minuman-minuman dingin yang manis dan menyegarkan.

Nah berikut 5 minuman dingin tradisional khas Bandung yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (28/4).

1. Es Oyen.

5 Minuman dingin © 2018 Instagram

foto: Instagram/@foodjktexplorse

Es Oyen terdiri dari alpukat, kelapa muda, kolang-kaling, dan nangka yang diberi es serut dan susu kental manis serta pacar cina berwarna merah muda. Es khas Bandung ini sudah ada dejak tahun 1954. Es Oyen juga dikenal dengan nama es teler karena bahan pembuatnya yang mirip.

2. Es Goyobod.

5 Minuman dingin © 2018 Instagram

foto: Instagram/@the_foodiary

Minuman dingin khas Bandung yang satu ini memang jarang ditemukan selain di daerah Bandung. Es goyobod sendiri terbuat dari goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe yang direbus lalu dipotong kotak-kotak. Selain goyobod, minuman yang sekilas mirip es campur ini juga disajikan dengan potongan alpukat, kelapa muda, pacar cina, peyeum (tape), santan, gula kawung dan es batu.

3. Es Cincau.

5 Minuman dingin © 2018 Instagram

foto: Instagram/@sandra_putranto

Bahan utama dari minuman dingin ini adalah cincau. Cincau sendiri terbuat dari daun cincau yang direbus lalu sarinya diambil untuk dijadikan cincau. Panganan berwarna hijau ini mempunyai tekstur mirip dengan agar-agar. Cincau yang sudah dipotong-potong kemudian ditambahkan sirup merah, santan cair dan es serut. Rasanya segar dan cocok banget disantap ketika disiang hari.

4. Es Lilin.

5 Minuman dingin © 2018 Instagram

foto: Instagram/@goestantrina

Es lilin merupakan salah satu es khas dari Bandung. Bentuknya mirip seperti lilin pada umumnya dan terbuat dari gula dan santan yang dicampur dengan bahan lainnya yang kemudian dimasukkan dalam plastik panjang dan diikat dengan karet. Rasanya pun beragam, mulai dari es lilin kacang hijau, es lilin pandan, es lilin nangka dan masih banyak lagi.

5. Es Cendol.

5 Minuman dingin © 2018 Instagram

foto: Instagram/@storeateller

Nah kalau minuman dingin yang ini pasti kamu sudah nggak asing lagi bukan? Ya, es cendol merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang sudah terkenal. Pembuatan es cendol terbilang unik karena dibuat dengan menggunakan saringan khusus yang membuatnya berbentuk bulir panjang. Es cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau alami dari daun suji. Umumnya es cendol disajikan bersama santan yang direbus dengan daun pandan, gula merah cair dan tambahan es serut.

RECOMMENDED

(brl/fen)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

5 Minuman dingin tradisional khas Bandung, kamu pernah coba yang mana?.
Semuanya enak dan menyegarkan.
https://brilicious.brilio.net/minuman/5-minuman-dingin-tradisional-khas-bandung-kamu-pernah-coba-yang-mana-1804280.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP