Brilio.net - Latte art membuat sajian kopi semakin menggugah selera. Tak hanya itu, latte art juga memiliki nilai seni tinggi, sehingga membuat orang tertarik untuk ikut berkreasi. Nggak melulu barista, kamu pun bisa membuat latte art sendiri. Bahkan, bisa kamu lakukan di rumah tanpa harus memiliki mesin pembuatnya yang cukup mahal.

Latte art sendiri adalah seni menghiasi bagian atas kopi espresso menggunakan bahan cafe latte. Membuat latte art sebenarnya bisa dilakukan di rumah dengan alat yang ada di rumah. "Yang penting sering berlatih agar menghasilkan gambar yang indah," tutur Irsanda Yogasuara, Barista Roaster n Bear.

Seperti apa langkah-langkahnya? Berikut tips untuk kamu.

1. Persiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan.

Loading...

Bahan yang diperlukan dalam membuat latte art yaitu, susu non fat, french press atau aeropress untuk membuat espresso, cangkir kopi, dan gelas stainles untuk latte. Untuk memanaskan air dan kopi, gunakan mircrove agar mudah mengatur suhu tingkat kepanasannya.

2. Membuat espresso dengan french press atau aeropress.

4 langkah buat latte art mudah berbagai sumber

foto: coffegearx.com

Buat secangkir espresso dengan alat aeropress atau frenchpress yang merupakan alat penghasil espresso yang paling murah. Buatlah espresso dengan air panas yang dipanaskan dalam suhu 50-55 derajat Celcius agar biji kopi tidak gosong dan menghasilkan rasa pahit yang pas untuk kopi.

3. Membuat foam susu untuk bagian atas cappucino.

Membuat foam susu bida dilakukan dengan mudah di rumah. Alat yang dibutuhkan hanyalah botol tahan panas yang memiliki tutup dan microwave.

Hal pertama adalah masukan susu murni non fat ke dalam toples tahan panas. Tutup toples dan kocok susu hingga berbusa. Setelah berbusa, masukkan susu tersebut ke dalam microwave dengan suhu yang cukup panas dan tunggu hingga 1 menit. Foam pun sudah siap.

4. Membuat cappucino.

4 langkah buat latte art mudah berbagai sumber

foto: brilio.net/Irsandy

Langkah pertama, tuangkan espresso yang sudah dibuat ke dalam cangkir. Lalu tuangkan foam susu dengan cara miringkan cangkir kopi, hingga cangkir penuh. Untuk pemula, bisa menggunakan tusuk gigi untuk menghasilkan gambar latte yang indah.

Nah semudah itu lho membuat latte art di rumah. Jadi, nggak harus ke kafe dan bisa lebih hemat.

RECOMMENDED